Wednesday 27 May 2015

8 Langkah Berlatih Menulis ala Neil Gaiman




1. Tulis.
2. Susun kata demi kata. Cari kosakata yang paling tepat lalu tuliskan.
3. Selesaikan apa yang kamu tulis. Apa pun yang harus kamu lakukan agar tulisan tersebut selesai..., kerjakanlah.
4. Sisihkan naskah yang sudah selesai. Lalu baca seolah-olah belum pernah kamu baca sebelumnya. Tunjukkan pada teman-teman yang kamu hargai pendapatnya, dan orang-orang yang mungkin akan menyukai bacaan semacam itu.
5. Ingatlah : ketika seseorang memberitahumu ada yang janggal atau aneh menurut mereka, mereka HAMPIR selalu benar. Ketika mereka memberitahumu bagian mana yang salah dan bagaimana cara membenahinya, mereka hampir selalu salah.
6. Perbaiki kesalahanmu. Ingatlah, cepat atau lambat sebelum naskahmu mencapai kesempurnaan, kamu harus melepasnya dan memulai menulis yang baru. Mencari kesempurnaan itu seperti mengejar batas langit. Teruslah bergerak.
7. Tertawalah pada leluconmu sendiri.
8. Peraturan utama dari menulis adalah jika kamu mengerjakannya dengan kepercayaan tinggi, kamu dibolehkan melakukan apa pun dengan caramu sendiri (hal ini juga berlaku dalam kehidupan, tidak hanya kepenulisan. Tapi ini benar-benar manjur untuk menulis). Jadi, tulislah ceritamu selayaknya kisah tersebut harus tertulis. Tulis dengan jujur dan berikan usaha terbaikmu. Saya tidak yakin ada peraturan lainnya. Tidak satu pun yang bisa benar-benar efektif.

Diterjemahkan dari :
www.writingclasses.com/InformationPages/index.php/PageID/670

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *