Thursday 25 April 2013

Apa, sih, Perkembangan Tulisan FFmu Selama Gabung di MFF?

Masih semangat dengan prompt #10? Wuih ga nyangka ya, prompt kita udah yang ke-10 aja, nih. Plus dua kuis (kuis pertama lamanya sampai dua minggu malah!). Itu artinya, kita udah 12 minggu lebih bersama. Sekitar 3 bulan, dong ya? Wogh! 

Kalau diibaratkan dengan usia bayi, 3 bulan itu udah lumayan banyak perkembangannya. Nggak usah dijelasin apa-apa aja perkembangannya, karena kita bukan grup tumbuh kembang anak :p Oke, Selasa (23/4) kemarin, saya udah bertanya ke temen-temen di grup fb MFF, apa aja perkembangan/ perubahan yang udah temen-temen dapatkan/ rasakan selama bergabung di grup MFF ini? Tentunya perubahan/ perkembangan pada tulisan ff kita, ya. Boleh juga ditambah dengan perkembangan mental selama menulis ff ini (yang tentunya selalu mengkritik dan dikritik).


Nah, berikut ini adalah beberapa jawaban yang udah saya saring. Dan seperti biasa, dari sekian banyak komen yang bisa saya ambil hanya sedikiiiit sekali. Maklumlah ya, namanya emak-emak kalo udah ketemu tuh pastiiii ngerumpi ngalor-ngidul. Iya, penghuni MFF sebagian besar adalah emak-emak. :D
___________________________


Rini Bee Adhiatiningrum 
Perkembangannya tulisan saya yang kebanyakan sampiran lama-kelamaan mulai dikurangi. Ide cerita yang monoton memaksa saya mencari ide lain yang berbeda. Perkembangan mental? Semakin siap dapat komentar pedas. Malah kadang nagih. Saya juga jadi belajar memerhatikan kelogisan cerita. Oh iya. Saya ketularan mbak Nurusyainie Bt Maesi: memberikan komentar yang detil supaya penulisnya bener-bener ngerti letak kekurangan ceritanya. Tapi dengan catatan, saya nggak berada di bawah tekanan ya.
Tekanan anak saya yang mau pup, pipis, minta susu, dll.. 

Mariatul Kibtiah 
Saya baru gabung, tapi rasanya tambah semangat buat nulis FF. Saya ingin belajar nulis cerita yang satu babak dan satu ide doang. Karena kebiasaan saya nulisnya mblarah ke mana-mana. Mendapat kritikan itu menyenangkan. Ibarat pas sekolah dapat nilai 5, trus lain kali berusaha gimana caranya supaya bisa dapat nilai 9.

Istiadzah Rohyati Zakaria 
Kalau saya, sejak gabung, karena diwajibkan blogwalking dan meninggalkan jejak (baca: kritikan), saya jadi lebih berani ngomenin tulisan temen yang bikin kening saya berkerut. Kalo dulu kan, biasanya cuma ngomen, "Wah, keren ceritanya!" dan sejenisnya. Ndak enak sama yg punya blog. :p Sekarang saya juga lebih siap dikritik, lho! Dan, saya mulai mengurangi keterangan siapa yang bicara dalam dialog, jika dari awal udah diketahui siapa yang sedang bercakap-cakap. Hemat kata.

Lianny Hendrawati 
Kalo aku dulu lebih suka nulis tentang keseharian/non fiksi. Setelah ikut MFF dan coba-coba bikin, ternyata asyik juga, lho! Sekarang lebih bisa berimajinasi, meski masih terbatas/ masih sederhana. Kalo dikritik, sih, malah seneng. Kita jadi tau kekurangan cerita kita di mana, keganjilan cerita kita di mana. Jadi, dengan kritik, kita bisa berkembang.

Hana Sugiharti 
Saya jadi hati-hati nulis soalnya ada intelegent editor. :p Tapi itu saya sukaa sekali, jadi saya makin hati-hati. 

Ranny Afandi 
Bagi saya, sejak gabung di sini lebih memahami apa itu ff. Kebanyakan tulisan saya berbau monolog, cerpen. Nah sejak gabung di sini tertantang banget bikin tulisan yang butuh imajinasi lebih. Dan satu hal, siap menerima kritikan. Jujur, saya dulu suka berkecil hati kalo dikritik. Tapi alhamdulilaah sekarang sifat itu udah perlahan hilang, udah mau terima kritik. Satu hal yang sangat penting, sejak gabung di sini saya berani ikut lomba *yippieeee*, artinya selangkah lebih maju *kek jargon parpol deh* . O ya, belum lagi ilmu yang dishare tiap jumat, bener-bener nambah wawasan. So, makasih banget buat temen-temen di sini untuk ilmu dan cerita. 

Alex Nyan Randy 
Senang bisa bergabung di sini, nambah temen. Perkembangan ada, namun msh banyak juga yang kurang. Dalam menulis saya banyak mengesampingkn hal kecil namun penting. Dari sinilah saya banyak belajar.

Jiah Al Jafara 
Nulis ffku jd terarah.

Rini Maya Sofa si'Penjelajah 
Agaknya belum genap seminggu saya di sini.. Hehe.. Tapi perkembangannya: jadi semangat lagi nulis fiksinya, karena sempat vakuum lamaa (mau nglanjutin yang masih setengah jalan malah nanti-nanti, gak nambah-nambah, deh) hehe.

Sulung Lahitani Mardinata 
Belajar nulis secara padat, secara yg mau ditulis itu FF. Awalnya nulis FF yg penting ngga lebih dari 500 kata, tapi sejak diajarin memadatkan cerita ama Mbak Latree Manohara yg FF Boneka, jadi makin berkembang. Kesannya? Seneng banget di sini bnyak emak-emak, jadi bisa merasa paling ganteng :D

Diah Kusumastuti 
Saya masuk di sini karena tertarik dengan FF di blog mbak Nunung yang "tas" itu, trus gabung deh. Sebenernya ga pede, soalnya susah banget kalo nulis fiksi, tapi nekat aja. Dan ternyata, makin ke sini makin nagih soalnya buat merefresh otak, seneng deh. Bisa kenal banyak temen juga, belajar bareng.

Carolina Ratri 
Belajar bareng itu lebih FUN! Begitulah bayangan saya dulu. Ternyata bener! Ga terasa, tiba-tiba aja tulisan saya jadi lebih rapi. Tiba-tiba aja saya kepedean ikut kontes ini itu, GA ini itu, tantangan ini itu. Padahal tadinya ga ada keberanian sama sekali. Dan lalu tiba-tiba aja saya bisa komen yang rada bagusan dikit. Hahahahaha... Semuanya saya rasakan setelah ada temen-temen di MFF. You guys rock!
_____________________

Seru-seru, ya, lihat perkembangan temen-temen! Nah, kalau kamu, apa perkembangan mental dan tulisan ffmu selama gabung di sini? Share, yuk! :)

Mohon maaf komenan yang OOT nggak saya tampilkan di sini, karena yang saya tanyakan hanya tentang perkembangan penulisan ff dan mental kita selama gabung di MFF. Sebenarnya saya tergoda untuk memasukkan kesan-kesannya, tapi itu nanti aja kali ya, di postingan berikutnya. Yang jelas, dengan bergabungnya kita di MFF, teman jadi makin banyak, sudah pasti rating blog meningkat karena setiap anggota saling blogwalking dan meninggalkan jejak. Dan, tentu aja, memperkaya imajinasi kita di setiap tulisan. Setuju? ^^

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *