Friday 24 April 2015

Sharing: Ilustrasi Dalam Karya Fiksi

Sharing: Ilustrasi Dalam Karya Fiksi
Sumber 

Selamat sore (yang lagi-lagi hujan) teman-teman MFF ^^

Seru-seruan bareng PIC ‪#‎KamisSharing‬ dari pada bengong, yuk!
Kamis ini, PIC mau ngajak teman-teman buat sharing tentang ilustrasi dalam karya fiksi. Pasti teman-teman suka baca cerpen di koran, novel yang ada selipan gambar-gambar, dan lain-lain, dan sebagainya.

Sebenarnya, ilustrasi itu membantu imajinasi teman-teman atau malah mengganggu? Teman-teman MFF lebih senang karya fiksi yang ada ilustrasinya atau enggak? Alasannya?


Erlinda S W 
Tergantung ilustrasinya juga sih kayak gimana. Jadi bisa bagus atau malah mikir nggak usah ada. Kalo baca fiksi fantasi tuers ada ilustrasinya itu bagus banget karena jadi penegasan apa yang saya bayangkan itu sama nggak dengan yang digambarkan penulis hehe. Kalo kayak di Kompas minggu sih selama ini suka-suka aaja malah kalo lihat ada ilustrasi ciamik bisa jadi sumber inspirasi bikin tulisan baru.

PIC 
Kalau Evi, suka ada ilustrasinya. Minimal bisa mengistrirahatkan mata hehehe

ChocoVanilla PipitDewi 
Suka yang ada ilustrasinya, Miiss. Apalagi yang agak-agak aneh, meski suka serem lihatnya tapi jadi berimajinasi. Kadang ilustrasinya malah lebih bagus dari cerpennya hahahaha

Ahmad Abdul Mu'izz 
Suka yang ada ilustrasinya, asalkan tidak membocorkan jalannya cerita. Kadang, dari ilustrasi itu, muncul ide bikin FF, cerpen, atau puisi.

Atria Dewi Sartika 
Bukan membantu imajinasi sih, Mbak. Lebih ke menarik hati untuk memilih membaca atau tidak. 
Klo ilustrasinya menarik bikin mata cepat melirik

Vanda Kemala 
Jarang baca yang ada ilustrasinya sih, jadi terbiasa bayangin sendiri. tapi kalau ada ilustrasinya, selama bukan malah spoiler, cuma satu adegan gitu, bisa ditolerir.

Harie Khairiah 
Aku suka ilustrasi. Sangat membantu memberi gambaran tulisan yang dibaca

Sari Widiarti 
Aku suka yang ada ilustrasinya, karena suka juga baca cerpen hari Minggu, ilustrasi malah memperkuat cerpen dan mendorong imajinasiku saat membaca cerpen 

Sulung Lahitani Mardinata 
A, aku jarang di-mention. Aku syedih *drama
suka-suka saja sih yang pakai ilustrasi. Apalagi kalau ilustrasinya lebih liar dari ceritanya. asal jangan melenceng jauh saja

Fatika Nur Cahyani 
Lebih suka pakai ilustrasi, jadi bisa membayangkan cerita dengan latar ilustrasi itu hehe *sukangayal

Edmalia Rohmani 
Suka dong. Lebih suka lagi kalau ilustrasi bikinanku sendiri. Hehehe

Fitrina Akeda 
Aku suka yang ada ilustrasi. Namun mesti dilihat juga, kalau full gitu, malah merusak pemandangan. Itu menurut aku, sih.

Dinda Faiza P 
Aku malah selama ini nggak pernah tambahin ilustrasi apapun di FF-ku. Baru-baru dua minggu ini saja ikutan tambahin gambar, biar kesannya nggak terlalu ngebosenin. .___.v

Widiarsa Wuwie 
Kalau aku ... suka yang ada ilustrasinya. Abstract apalagi. Setidaknya ada gambaran tentang tema gitu sih. Atau memperjelas/mempertegas gambaran yang ada di dalam cerita itu sendiri.

Ajen Angelina 
Aku nggak terlalu peduli sama ilustrasi kalau bukunya bagus mau nggak ada ilustrasi yah tetap dinikmati tapi sekarang aku ngerasa ilustrasi itu perluu karena semakin tua kadang aku bosan baca dan melihat ilustrasi menyenangkan 

Awah Soni 
Sukaaa ...! Bikin cerita lebih cerita o/ *tapi aku belum bisa sisipin di blog, hik's....

BlackZen 
Harusss ada ilustrasi! Harussnyaa itu. Karena ilustrasi tanpa cerita bagai lautan tanpa garam... dunia terasa hambar jadinya. Persis kalau di analogikan ... bikin sambaal nggak pakai cabecabeann *ehh oops keceplosan hehe. Yah jadi gitulah. Da aku mah apaa atuuhh

Happy Hawra 
Kalau ilustrasi gambar, untuk saya sendiri agak kurang berefek. Soalnya saya nggak begitu bisa mengimajinasikan gambar. Karena itu saya nggak jago memperhatikan gambar apalagi ngegambar 
Tapi kalau berupa quote-quote gitu, biasanya bisa ngebantu bikin premis.

Uni Dzalika 
Lebih suka yang ga ada.

Efi Fitriyyah 
Suka, bisa jadi booster

Carolina Ratri 
Aku suka yang ada ilustrasinya :))) Mungkin karena tipe visual sih. Pokoknya suka. Apa lagi kalau ilustrasinya bisa mendukung cerita Makin artistik juga makin dapat pesannya.
Dan AKU JUGA SUKA BANGET BIKIN ILUSTRASI :)))

Jiah Al Jafara 
Saya suka tapi ya nggak terlalu mewajibkan. Ada ya bagus, nggak ada ya imajinasi sendirilah heheh

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *