Sunday 28 December 2014

Resume Selection Stage MFF Idol 2 - Seleksi Calon the Flasher

Dirangkum oleh: Indah Lestari



The Selection Stage yang dipandu oleh Host Harry Irfan adalah tahap pertama untuk mencari finalis-finalis yang layak bertanding di gelaran MFF Idol 2. Finalis-finalis yang disebut dengan The Flasher ini nantinya akan bertanding menyajikan flashfiction terbaik di setiap stagenya untuk memperebutkan gelar The Author.

Dikarenakan antusias calon finalis begitu besar, seleksi tahap pertama dibagi dalam dua kloter. Untuk kloter pertama ada 10 orang kandidat yang akan memperebutkan gelar The Flasher dan juga untuk pembagian kelas yang akan digawangi oleh tiga orang mentor.

MENTOR

1.    Carolina Ratri
Siapa yang tidak kenal dengan Miss Multitalenta ini? Ya, dia adalah founder Monday Flash Fiction. Pada MFF Idol 2 ini, Carra, begitu biasa ia dipanggil, kembali menjadi juri yang memfokuskan penilaian pada diksi dan twist yang ciamik. Novel favoritnya Da Vinci Code, Perfume, dan buku-buku karya Mario Puzo dan Agatha Christie, Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Amba dan After Rain. Beberapa cerpen favoritnya adalah Requiem Kunang-Kunang, Matinya Seorang Penari Telanjang, Madre, dan Adila. Penulis favoritnya SGA, Agus Noor, Agatha Christie, Mario Puzo, Roald Dahl, dan Leila S. Chudori. Genre kesukaanya, surreal dan thriller

2.    Ariga Sanjaya
Member MFF pasti hapal dengan sapaannya di Senin pagi yang mengajak warga MFF untuk berpuisi ria. Bang Riga, biasa beliau dipanggil pun, bertugas sebagai admin di twitter @MondayFF bergantian bersama Carra. Pada gelaran MFF Idol 2, Bang Riga bertindak sebagai juri berdampingan dengan, lagi-lagi, Mbak Carra menggantikan Latree Manohara. Juri yang satu ini memfokuskan pada ide dan logika cerita. Beliau tak perlu diragukan lagi kemampuannya. Setiap prompt yang masuk selalu disinggahi beliau untuk diberikan kritik dan masukan yang cukup “pedas”. Di season 1, Bang Riga berperan sebagai kurator sajian show sehingga kalian bisa menikmatinya di blog. Novel favoritnya, serial Taj Mahal, buku-buku karya Jeffery Deaver dan Agatha Christie, serial Supernova, dan serial Laskar Pelangi. Cerpen favoritnya diantaranya Pada Pembotakan Terakhir, Robohnya Surau Kami, dsb. Untuk penulis, beliau mengidolakan Agatha Christie, Jeffery Deaver, Indu Sundaresan, dan Dee Lestari. Genre kesukaan? Surreal dan cerita inspiratif.

3.    Sulung Lahitani Mardinata
Pernah menjadi PIC Kebahasaan di Grup Monday Flash Fiction. Jika tahun lalu di MFF Idol 1 beliau menjadi salah satu finalis sekaligus menjadi juara 1 –The Author, kali ini Uda Sulung diberi kehormatan menjadi juri menggantikan Mbak Isti’adzah Rohyati.  Sebagai mantan guru Bahasa Indonesia untuk penilaian di MFF Idol 2 ini beliau fokus pada EYD, tanda baca, dan twist di akhir cerita. Jika kalian ingin belajar dari pengalamannya di MFF Idol 1, pastikan kalian tahu karakter dan kesukaannya. Novel favoritnya adalah On the grave Yard, Harry Potter the series, LOTR the series, Tom Sawyer, Palace of the Illusion, buku karya Dan Brown, Pulang, serial Supernova, dan Perahu Kertas. Cerpen favoritnya Perempuan Tua di dalam Kepala, goyang penasaran, Lelaki Ketujuh, Merah Pekat, Rumah hujan, Kekasih Marionette, Kemilau Cahaya dan Perempuan Buta, dan Tukang Cukur. Penulis kesukaannya adalah Dee, Jrr Tolkin, Damhuri Muhammad, gus tf Sakai, Intan Paramaditha, Agus Noor, Triyanto Triwikromo, Danarto dan Leila S. Chudori. Genre favoritnya surreal, fantasi, dark dan lokalitas.

ATURAN MAIN 

  • Peserta mengirimkan dua buah flashfiction dengan dua tema berbeda ; The Prestige dan Kesempatan Kedua dengan jumlah kata maksimal 100 kata beserta urutan nama mentor yang diinginkan kepada Host MFF Idol 2, Harry Irfan.
  • Semua flashfiction yang masuk dan memenuhi syarat akan dinilai, diberi catatan oleh para mentor dan direkap oleh Host.
  • Peserta yang berhasil lolos seleksi adalah peserta yang mendapatkan minimal satu YES dari juri. Apabila peserta mendapatkan lebih dari satu YES, host mempersilakan peserta dalam waktu 2 menit untuk memilih salah satu juri yang memberi YES tersebut. Pilihan tersebut boleh tidak sama dengan pilihan yang dikirim email sebelumnya. Jika dalam waktu 2 menit tidak ada jawaban maka pilihan akan disesuaikan dengan pilihan pertama di email.
SHOW  

Show Selection dimulai secara berurutan dengan nomor yang sudah diberikan oleh Host Harry Irfan.

1.    001 - MERIUNG oleh Edmalia Rohmania.
Sulung dan Riga sepakat memberi NO. Sementara Carolina memberi kesempatan dengan YES. Edmalia Rohmania pun lolos seleksi tahap pertama dan masuk ke dalam #TimCarra.

2.    002 – TAK LAKU-LAKU oleh Ajen Angelina
Carolina dan Sulung kompak memberi NO, namun Riga memberi YES sehingga Ajen berhak masuk ke #TimRiga.

3.    003 – INGGIH PAK… oleh Putri Widi Saraswati
Carolina dan Riga kali ini yang kompak memberi NO, namun Sulung memberi YES. Putri Widi pun bergabung dalam #TimSulung.

4.    004 – DIJUAL MURAH oleh Maya Indah
Dua NO dari Carolina dan Sulung, namun Riga memberi YES. Semula di email Maya Indah memilih Carolina sebagai mentor, tapi karena Carolina memberi vote NO maka Maya Indah masuk ke dalam #TimRiga.

5.    005 – KARENA AKU BOS oleh Grant Gloria
 Tiga juri kompak memberi vote NO. Langkah Grant Gloria pun berhenti di babak ini.

6.    006 – KENAPA HARUS (KE)MALU(AN)? Oleh Anastasye Natanel
Carolina dan Riga satu suara memberi NO, sedang Sulung memberinya YES. Anastasye pun melenggang masuk ke #TimSulung.

7.    007 – BIRU oleh Masya Ruhulessin
Satu NO dari Sulung, dua YES dari Carolina dan Riga. Semula Sulung adalah mentor yang dipilih Masya namun karena Sulung memberinya NO, maka Masya pun masuk ke dalam #TimCarra

8.    008 – CANTIK oleh Chocho Vanilla
FF pertama yang berhasil mendapat tiga YES dari juri. Ya, Chocho Vanilla sukses melaju ke babak berikutnya dan bergabung dalam #TimRiga.

9.    009 – SALING PERCAYA oleh Anindita Hendra Puspitasari
Ini adalah FF kedua yang diganjar tiga YES dari para juri! Dan Anindita pun mengikuti jejak Chocho Vanilla bergabung bersama #TimRiga.

10.    010 – EKSEKUTIF MUDA oleh Komang Ayu Kumara Dewi
Walau mendapat dua NO dari Carolina dan Sulung, ff ini berhasil membuat Riga memberikan YES. Oleh sebab itu akhirnya Komang Ayu mulus masuk ke #TimRiga.

Selection Test Part II

11.    011 – MENJAWAB TANTANGAN oleh Na Fatwaningrum Adianto
Carolina cukup puas dengan FF ini sehingga memberi YES. Riga dan Sulung berpendapat lain dengan memberinya NO. Sesuai pilihan, Na Fatwaningrum pun bergabung dengan #TimCarra.

12.    012 – PEMBURU SEJATI oleh Danis Syamra
FF pertama di Selection II yang diganjar tiga YES dari para juri. Host pun mempersilakan Danis untuk memilih mentor yang diinginkannya. Danis memilih #TimSulung untuk bergabung.

13.    013 – GENGSI oleh Isti’adzah Rohayati
Carolina dan Riga memberi NO. Sulung dengan pasti memberikan YES sehingga Isti’adzah masuk ke dalam #TimSUlung.

14.    014 – TAKDIR oleh Rifki Jampang
Kali ini Carolina dan Sulung satu suara memberi NO. Namun Riga memberi kesempatan dan menghadiahi YES. Rifki Jampang pun masuk ke dalam #TimRiga.

15.    015 – The Prestige oleh Tara Orian
Dua NO dari Carolina dan Riga. Satu YES dari Sulung, membawanya bergabung dalam #TimSulung.

16.    016 – TETALEN oleh Andi Eksak
Kembali Carolina dan Riga berkata NO. Sedangkan Sulung memberi kesempatan YES! Andi pun melenggang masuk ke #TimSulung

17.    017 – A PAINTER oleh Refzy Fiqa Afrida
FF ini memikat Carolina dan memberikan YES. Namun tidak dengan Sulung dan Riga yang berkata NO. Refzy Fiqa Afrida pun otomatis bergabung dengan #TimCarra.

18.    018 – ASLI oleh Rinrin Indiranie
Carolina dan Riga kompak memberi YES. Sulung berkata NO. Rinrin Indrianie sukses masuk ke #TimCarra.

19.    019 – PRESTISE oleh Erlinda SW
FF kedua di selection part II yang mendapat tiga YES dari juri. Erlinda pun bergabung dengan #TimSulung.

20.    020 – (TAK) BERHARGA oleh Dila Miftah
Ketiga juri sepakat memberi NO. Dila Miftah gagal meneruskan ke babak berikutnya.

21.    021 – TARUNG LEGENDA oleh Afgam Rafsanjani
Ketiga juri kembali memencet NO. Afgam pun terpaksa berhenti di babak ini.

22.    022 – RUJAK CINGUR oleh Ahmad Abdul Muizz
Hanya Carolina yang memberinya YES, Sulung dan Riga kompak berkata NO. Aam pun bergabung ke dalam #TimCarra.

23.    023 – SUARA EMAS oleh Dian Farida Ismyama
Riga berkata NO. Carolina dan Sulung sepakat memberi YES. Dian pun bergabung ke #TimCarra.

24.    024 – SEBUAH KHAYALAN oleh Yati Rahmat
Tidak cukup memuaskan, para juri kompak berkata NO. Perjuangan Yati Rahmat berhenti di babak ini.

25.    025 – JALAN SATU-SATUNYA oleh All Sarifudin
Dua NO dari Carolina dan Sulung, sementara Riga memberinya YES. All Sarifudin pun bergabung dengan #TimRiga.

26.    026 – TATAPAN CERMIN oleh Desi Darmayanti
Kembali juri kompak memberi tiga YES kepada ff milik Desi Darmayanti ini dan membawa Desi Darmayanti bergabung bersama #TimCarra.

27.    027 – UTANG PESTA oleh Indah Kanaya
Dua YES dari Carra dan Sulung, sedangkan Riga memberi NO. Indah berhasil masuk ke #TimSulung karena pilihan pertama di #TimCarra sudah full kuota.

28.    028 – SALAH oleh Diah Dwi Arti
Mendapat tiga NO dari juri. Diah gagal ke babak selanjutnya.

Dikarenakan kuota di #TimRiga masih kurang, maka kembali karya peserta yang sebelumnya gagal untuk diberikan kesempatan kedua dan peluang untuk mendapatkan Silver Book. Ada lima karya yang diambil dari FF kedua dengan tema KESEMPATAN KEDUA.

Aku Ingin Putih, Samar, Peri Hujan, Lobby Utama, dan Sebuah Saran masing-masing adalah karya dari Diah Dwi Arti Agam Rafsanjani Yati Rachmat Grant Gloria Kesuma dan Dila Miftah.

Dari kelima judul di atas, tanpa perlu berdebat banyak juri memilih PERI HUJAN karya Agam Rafsanjani sebagai pemenang SILVER BOOK dan bergabung dalam #TimRiga.

Peserta yang berhasil ke babak selanjutnya:

A.    #TIMSULUNG
1.    Anastasye Natanel
2.    Andi Eksak
3.    Danis Syamra
4.    Erlinda S W
5.    Indah Kanaya
6.    Isti'adzah Rohyati
7.    Putri Widi Saraswati
8.    Tara Orian

B.    #TIMCARRA
1.    Edmalia Rohmani
2.    Masya Ruhulessin
3.    Na Fatwaningrum Adianto
4.    Rinrin Indrianie
5.    Ahmad Abdul Mu'izz
6.    Dian Farida Ismyama
7.    Desi Darmayanti
8.    Refzy Fiqa Afrida

C.    #TIMRIGA
1.    Komang Ayu Kumaradewi
2.    All Sarifudin
3.    Anindita Hendra Puspitasari
4.    Agam Rafsanjani
5.    Ajen Angelina
6.    Chocho Vanilla
7.    Maya Indah
8.    Rifki Jampang

Untuk babak berikutnya semua peserta akan diberikan PR sesuai dengan grupnya masing-masing. Babak ini disebut Pretest Stage. Berikut tugas pada masing-masing grup :

1.    #TIMCARRA



Buatlah sebuah flashfiction, maksimal 250 kata, yang mengangkat MITOS dari daerah masing-masing. Judul bebas, genre bebas.
FF dikirimkan dalam format word ke email mffidol@hotmail.com dengan judul email: PRETEST(spasi)TIMCARRA(spasi)NAMAPESERTA.
DEADLINE 12 Des 2014 pkl 17.00 WIB

2.    #TIMRIGA
Buatlah Flashfiction berdasarkan gambar yang diberikan. Jumlah katanya maksimal 250 kata, tidak termasuk judul dam catatan kaki. Judul dan genre bebas.
FF dikirimkan dalam format word ke email mffidol@hotmail.com dengan judul email: PRETEST(spasi)TIMRIGA(spasi)NAMAPESERTA.
DEADLINE 12 Des 2014 pkl 17.00 WIB

3.    #TIMSULUNG



Buatlah sebuah flashfiction 250 kata dengan tema FANTASI dengan memasukkan tiga kata berikut dalam FF-nya: maherat, labut, lagang.
FF dikirimkan dalam format word ke email mffidol@hotmail.com dengan judul email: PRETEST(spasi)TIMSULUNG(spasi)NAMAPESERTA.

DEADLINE 12 Des 2014 pkl 17.00 WIB

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *