Saturday 12 July 2014

Acara Baru di Monday FlashFiction: Senin Berpuisi dan Book Swaping

Halo...!!
Wih, udah lama saya nggak nulis artikel di mari. Yaaa, kecuali nulis prompt sama mindahin Fiksimini Games sih. Hahahaha.. Maapkeun yeuh?



Nah, sekarang saya cuma mau kasih info sih, bahwa ada dua acara baru di Monday FlashFiction. Yaituuuu...

1. Senin Berpuisi

Senin Berpuisi ini dimoderatori oleh Bang Admin, Ariga Sanjaya. Aturannya cukup simpel. Setiap Senin pagi, Bang Admin akan meluncurkan satu topik. Satu topik ini silakan dikembangkan ke dalam bentuk puisi pendek, dengan panjang 2 - 6 kalimat. Puisi-puisi yang terpilih akan diposting di blog Monday FlashFiction. Senin Berpuisi hanya berlangsung dari saat Bang Admin meluncurkan topik, hingga Selasa pukul 12.00 WIB.

Gampang kan? Kan!

Sudah tiga sesi Senin Berpuisi kita laksanakan. Bisa dilihat di sini.
Mau ikutan? Pantengin besok Senin saat Bang Admin kasih topik, trus langsung deh gabung ;)

2. Book Swapping

Nah, ini yang seru banget kemarin. Jadi, diawali oleh sebuah pemikiran, bahwa buku itu lumayan mahal sekarang. Kalau seandainya kita bisa tukar menukar buku, baik pinjam maupun benar-benar tukar dalam arti nggak dikembalikan lagi, pasti akan terasa lebih ringan. Paling hanya harus mengeluarkan ongkos kirim saja, yang tidak terlalu mahal. Nah, dengan tujuan agar semakin memacu semangat teman-teman MFF-ers untuk membaca dan belajar, maka kenapa enggak kita adakan Book Swaping aja? :D

Dan ternyata, setelah ini saya gulirkan ke grup, banyak banget yang antusias. Wooohooo... berarti harus segera ditunjuk PIC dan susun aturan main deh. Setelah melalui diskusi cukup singkat, maka Ranny Afandi bersedia menjadi orang yang direpotin sebulan sekali. :))) Sebulan sekali? Iya, Book Swaping ini sebulan sekali saja. Biar ga krodit, dan ada kesempatan buat dibaca dulu. Kan kalo book swapper nya kayak saya, susah nanti. Maunya nimbun, ga dibaca -___-" Qiqiqiqi.

Anyway, setelah disusun, jadi beginilah aturan mainnya.

  1. Member yang mau ikutan mengajukan maksimal 3 judul buku yang akan diikutkan dalam book swaping. Silakan menyetorkan foto buku, boleh foto sendiri boleh foto dari google. Yang penting foto edisinya harus sama dengan yang dipunyai.
  2. PIC kemudian akan memamerkannya dalam album khusus di dalam grup, yang dikelompokkan berdasarkan bulan.
  3. Data yang dicantumkan adalah nama pemilik buku, judul buku, tebal buku, kondisi buku (kertas kecokelatan/cover agak terlipat/disampul plastik dll) dan akan dikirim dari mana (domisili si pemilik buku).
  4. Pengumpulan 3 judul buku yg akan diswap ini dibuka pada Senin pertama setiap bulan, dan ditutup pada hari Rabu berikutnya. PIC akan mengumumkan periode mulai setidaknya 2 hari sebelumnya.
  5. Saat dipersilakan, maka silakan peserta saling taksir. 
  6. Kalo ada buku lain yg ditaksir dari peserta yg lain, juga boleh saling taksir, hingga maks. 3 buku itu habis.
  7.  Para peserta book swaping harus menemukan "jodoh" untuk bukunya masing-masing. Kalo bertepuk sebelah tangan ya ga boleh swaping. Di sinilah nanti peran si PIC, dia juga harus aktif mencarikan "jodoh". 
  8. Nah, waktu taksir menaksirnya antara Rabu - Sabtu. 
  9. Jika ada buku yang tidak berjodoh, maka pada akhir periode dinyatakan ditarik oleh pemilik buku masing-masing.
  10.  Buku yang tidak berjodoh boleh diikutkan lagi di periode selanjutnya. 
  11. Nah, kirim mengirim tentu saja menjadi tanggung jawab masing-masing. Ongkos kirim menjadi tanggungan pengirim buku. Jadi jika status buku dipinjamkan, maka saat mengembalikan, ongkos kirim juga menjadi tanggungan si pengirim buku.
  12. Kalau nanti mau saling mengembalikan, ya silakan dikoordinasikan masing-masing. Buku status ditukar berarti tidak akan dikembalikan. Semuanya harus diinformasikan dan di bawah kendali PIC.
Cukup gampang kan?

Jadi, kamu sudah berpartisipasi di mana?
Yang belum, kita tunggu partisipasi kamu ya :D

Oiya. Acara-acara ini khusus buat para member Monday FlashFiction aja ya. Jadi kalo belum gabung, kenapa ga gabung dulu? :D

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *