Thursday 19 December 2013

Sharing : Trik Membagi Waktu Untuk Membaca dan Menulis

"Aku lagi bingung nihh! Ada yang punya tips/kiat membagi waktu antara menulis dan membaca nggak?"
Kakak admin Carolina Ratri mengungkapkan keresahannya suatu ketika.
"Biasanya teman-teman kalau menulis punya jatah waktu tertentu apa engga sih? Kegiatannya ngga cuma nulis aja kan?" tanya dia lagi.

Pernah merasakan "kegalauan" seperti yang dirasakan Kak Carra? Penasaran ingin tahu tips-tips untuk mengatasi hal itu? Teman-teman kalian membagikan rahasianya di Kamis Manis ini. Selamat mencoba! :)


Latree Manohara
Aku membiarkan tubuh memilih kapan pengin membaca dan menulis. Kecuali tulisan pesanan yang harus selesai dikerjakan sebelum deadline, aku tidak memaksa diri menulis.

Ajen Angelina
Kalau aku selalu bikin target satu minggu baca minimal lima buku. Soalnya aku kerja pakai kereta selama enam hari. Dan setiap hari dua jam di kereta, aku baca buku saat di kereta itu. Kan (pilihan bukunya) banyak,  bisa buku dari google book atau minta novel dari orang lain. Kalau (untuk) nulis sendiri sebenarnya bisa kapan saja tetapi sebaiknya tentukan satu atau dua jam untuk menulis.

Lianny Hendrawati
Aku nulis kalau sudah muncul banyak ide di kepala. Bisa hilang kalau nggak cepet-cepet ditulis. Nah, saat sedang mampet ide, bisa kugunakan untuk membaca.

Al Mustakim
Hahaha, kadang ada juga orang yang mood-mood an buat baca or nulis, tapi saya kalau buat baca sih jarang mood-mood an, jadi kalau ada buku, dilalap aja. Kalau nulis baru agak mood-mood an, jadi harus dapet inspire/feeling nya dulu, baru deh mandi, eh nulis.

Ranny Afandi
Baca komik seminggu (paling) banter 1 novel, 1 majalah dan koran. Waktu baca anytime. Kalau nulis tunggu (bayi) Athar tidur baru leluasa nulis. Sekitar jam 7-an malam.

Na Fatwaningrum Adianto
Aku nulis sih gak mesti, biasanya malam pas bangun dari ngelonin atau bener-bener minta waktu buat nulis (ini biasanya kalau sudah mepet tenggat)

Hazmi Srondol
Sumbang kutipan aja yak, saya sepaham ama ini : “I only write when I am inspired. Fortunately I am inspired at 9 o’clock every morning.” (William Faulkner),  cuman beda di jam nulisnya saja. kalau jam membaca... sedapatnya dan sebutuhnya

Latree Manohara
Aku selalu bawa satu novel di tas. Baca sesempatnya ; lima halaman, sepuluh halaman. begitu caranya bisa selesai seminggu satu.

Ahmad Abdul Mu'izz
Aku selalu bawa buku di tas. Aku jarang baca buku di kos, hawanya males kalau sudah di kos. Haha.

Rinrin Indrianie
Aku juga pasti bawa buku di tas, dan sama juga ngga bisa baca di kendaraan berjalan, paling curi-curi waktu baca pas lagi pesan makan atau sebelum tidur atau (saat) ngga ada acara TV yang bagus pas wiken. Nulis? Kalau idenya udah matang, disambi meeting juga bisa. Tapi Golden time-ku kayaknya kalau kepepet deadline *halah*

Mazmo Lombok
Dulu saya pernah punya program satu hari satu jam untuk menulis. Kenyataannya tidaklah semudah itu untuk bisa konsisten menulis setiap hari selama satu jam. Akhirnya, sampai sekarang saya mengubah program itu menjadi tetap menulis dalam satu hari tanpa menggunakan batasan waktu. Bahkan bisa saja sehari hanya bisa selama lima menit saja untuk menulis dan hanya sekadar melanjutkan tulisan yang sudah ada. Bagi saya, ini cukup efektif. Hal ini mengingat saya tidak bisa memprediksikan kejadian di hari-hari yang saya lalui. Terlebih jika ada urusan yang mendadak. Dan, beruntung saya tipe orang yang tidak ribet dengan syarat-syarat kenyamanan untuk bisa menulis. Sambil ngobrol pun, saya bisa melanjutkan tulisan. Terlebih saat sudah ada ide, sambil jalan-jalan mau ke warung, ya, tetap bisa menulis.

Menulis minimal satu menit dalam sehari juga memberikan ruang yang cukup bagi saya untuk membaca. Saya adalah tipe pembaca buku yang harus 'segera' menyelesaikan bacaan. Terutama untuk buku-buku bagus menurut saya. Kalau buku-buku yang menurut saya biasa atau tipe-tipe ringan, saya suka membacanya sambung-menyambung dari hari ke hari, atau bahkan tidak saya lanjutkan sama sekali. Sederhananya hanya sebagai selingan. Jadi, dengan program menulis sehari minimal satu menit, saya bisa menyelaraskan hobi menulis dan membaca saya dalam satu waktu.

Sulung Lahitani Mardinata
Saya di sekolah dari jam 7 sampai jam 5 sore, makanya baru bisa nulis dan baca kalau udah di kosan. Biasanya, kelar mandi dan salat Magrib, saya baca sambil makan. sampai kira-kira jam 9, baru lanjut nulis hal-hal yang memang udah mesti ditulis. tapi kalau lagi ngga ada bahan tulisan, lanjut baca sampai tidur. Saya nulis kalau skrip dalam otak udah lengkap, hehe

Husfani A. Putri
Kalau baca sih emang setiap hari, minimal majalah. karena di kantor banyak banget majalah. atau sekadar buku yang emang belum selesai bacanya. (Baca) buku paling sebelum tidur. kalau bukunya seru, sampe malem pun dijabanin. tapi kalau bukunya biasa aja, paling cuma beberapa halaman.

Sari Widiarti
Kalau baca harus keadaan tenang, ngga bisa bawa buku kemana - mana, karena suka pusing kalau baca di dalam kendaraan. Nah, kalau nulis bisa dimana - mana, caranya ya ngetik di note hape atau di kertas coret - coret, aku selalu bawa buku kecil di tas.

Dian Farida Ismyama
Aku nulis kalau (bayi) Najla (sudah) tidur, bisa nulis nyicil-nyicil *padahal nulis nyicil itu nelangsa*. Kalau baca juga sama, cuma bedanya, tergantung bukunya,kalo penasaran bisa langsung khatam hari itu juga. Nulis juga gitu, makin mepet DL makin cepet selesai tulisannya

Jiah Al Jafara
Aku berusaha setiap hari nulis dan baca apapun. Nulis di mana aja termasuk di diary. Kalo baca buku biasanya pas mau tidur, udah dari jaman sekolah gitu sih.

Rinrin Indrianie
Waktu baca paling ampuh itu sebetulnya pas ngantri (di dokter, di salon hihi), atau di tukang cuci steam, atau pas bete jalanan macet baca di mobil.

Ranny Afandi
Kalau aku, tiap traveling pasti bawa buku di tas. Apalagi kalau di pesawat, paling ampuh usir bete ya baca.

Anggun Harwibawati
Baca buku kalau lagi pengen soalnya sekali baca susah berhenti, nulis juga kalau lagi dapat ide, soalnya sekali nulis susah berhenti. Menurut saya.. lakukan satu persatu aja sih. Kalau lagi baca, ya baca aja.. kalau lagi pengen nulis, ya nulis aja.. kalau baca sambil nulis itu hebat banget (multitalented banget malah!), kalau di tengah baca dapat ide nulis, ya berhenti baca dan pergilah menulis. Kalo di tengah nulis pengen baca ya berhentilah nulis dan pergilah membaca. Kalau punya kesibukan lain, lakukan skala prioritas

Rifki Jampang
Kata seorang kenalan yang jago nulis... "kemampuan menulis itu berbanding lurus dengan kegiatan membaca"

Indah Kanaya
Baca buku sesempatnya aja. Aku selalu bawa buku minimal 1 di tas dan pasti dibaca selama kurleb 1 jam perjalanan. Jam makan siang baca lagi kurleb 30 menitan. Tapi semuanya yah kalau memungkinkan. Kalau nulis prinsipnya sih sama saja cuma memang bisa lebih agak lama kalau udah di rumah ( malam ). Sepi, tenang, enggak berisik jadi lebih nyaman mikirnya. Eh tapi seringnya jadi ketiduran. Duh!

Nah, sudah ketemu trik yang paling cocok buat kalian? Atau justru terpikirkan cara baru? ;)

1 comment:

  1. Pada dasarnya aku bisa membaca di mana saja, tapi bukan berarti dimana-mana aku baca melulu :))
    Aku selalu bawa buku minimal satu di dalam tas, pada dasarnya aku lebih suka baca buku ketimbang otak-atik gadget kalo pas nunggu sesuatu. Kesannya sok pinter nenteng buku, padahal yang dibaca biasanya novel x)

    Aku punya target satu hari satu buku satu review,
    Dari menulis review inilah sebenarnya belajar menulis meski tulisanku masih ababil banget #GakIngetUmur #BiarSebelasDuaBelasKayakMurid #dikepruk

    Nah, pas baca sebuah buku, biasanya kalo ada kata-kata atau sesuatu yang menarik dalam buku, biasanya aku tulis di notes khusus coret-coret. Jadi pas nulis review, aku udah punya bahan yang bisa diolah tanpa perlu lama membolak-balik isi sebuah buku ^^v

    @lucktygs

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *