Wednesday 17 July 2013

Acara Baru di MFF: Bahas Karya



Ada acara baru di Monday FlashFiction setiap Selasa. Apaan tuh?

Bahas Karya.

Jadi begini.

Berawal dari gagasan beberapa member, tentang kritik, masukan dan mengkritik sebuah karya. Bahwa, sebenarnya masukan akan terus diperlukan agar tulisan kita semakin keren dan canggih. Yaaa namanya juga group belajar nulis.

Salah satu karya member akan dibahas habis-habisan di dalam grup. Dan bahas karya ini bersifat exclusive untuk member, jadi tidak akan diposting di blog. Dalam Bahas Karya, member akan saling melemparkan kritik dan masukan atas karya member lain dengan bebas. Aturan terpenting: si penulis yang karyanya sedang dibedah, tidak diperbolehkan komen selama proses pembahasan berlangsung. Selasa Bedah Karya akan berakhir di 23.59, selepas itu, tidak boleh lagi ada komen atas karya yang dibedah.

Pada awalnya, acara ini disebut Bedah Karya. Pada hari Selasa tanggal 18 Juni yang lalu, karya pertama yang ketiban sial untuk dibedah pertama kali adalah "Kendi Kristal" karya admin MFF, Istiadzah Rohyati. Tanpa dilalui proses anestesi, karya ini dibedah habis-habisan, sampai-sampai si penulis gerah karena dia tidak diperbolehkan komen sama sekali dalam diskusi. Hehehehe... Setelah diskusi selesai, barulah komen dan semua masukan dibaca. Penulis dibebaskan untuk mem-filter semua komen untuk tulisannya. Mana yang akan dipakai, mana yang tidak.

Ada beberapa member yang sudah melalui tahapan belajar menulis dengan berguru di berbagai workshop, kelas bahkan pada penulis profesional. Jadi saya pikir, ini akan berguna sebagai sarana sharing ilmu antar member. Yang lain akan dapat transfer ilmu yang berharga, sedangkan yang berbagi, akan dapat pahala. :)))

Semoga acara ini bisa mendatangkan manfaat buat semuanya.

Tertarik untuk uji nyali, karyanya ingin dibahas? Atau tertarik untuk ngramein diskusinya?

Yuk, gabung dulu di Monday FlashFiction! ^_^

3 comments:

  1. Manda mau dong karyanya dibahas. Yang dibahas harus prompt buat MFF ya? Jarang ikut prompt nih. *ngumpet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Edelweiss! Iya dong, karya yang dibahas adalah ff yang diikutkan dalam prompt2 di MFF. :)

      Delete
  2. Seneng deh mbak kalau ada acara bedah2 gini, kita pasti belajar banyak jadinya.. saya yang baru ikut beberapa prompt bakalan seneng kalau karyanya dibedah. janji deh nggak bakalan nangis mbak :D

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *