Friday 21 June 2013

Teknik Meresensi Buku ala MFF

Hai, hai, hallo. Wah, lama ga ketemu ya sahabat MFF. Sebelumnya mau mnta maaf dulu, nih. Dua kali Jumat kita ga belajar Kebahasaan. Nah, kali ini saya mau menebus permintaan teman-teman. Yakni, mengulas teknik meresensi. Oke, langsung aja ya.

Sebelumnya, mari kita bedakan dulu antara resensi, review, dan sinopsis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama karangan asli yang menjadi dasar sinopsis. Sinopsis dapat berlaku untuk sebuah buku maupun karangan. 

Kemudian review. Review merujuk kepada kata evaluation/evaluasi yaitu merupakan evaluasi (awal) bagi sebuah buku, jurnal, pertunjukkan, dll. Review hampir sama dengan sinopsis yaitu berupa “cerita singkat”, tetapi lebih mengarah kepada suatu bentuk penilaian/evaluasi terhadap suatu karya. Review membawa dampak yang berbeda bagi para reviewer, tergantung apa yang mereka cermati dari sebuah karya. Review mengarah kepada identifikasi gagasan utama sebuah karya.
Nah, kalau resensi gimana? Menurut KBBI resensi ialah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Resensi  merupakan salah satu bentuk tulisan jurnalistik populer yang mempunyai aturan-aturan penulisan. Aturan tersebut didasarkan pada unsur-unsur yang membangun resensi buku.

Sebuah resensi dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Dalam bagian pendahuluan, biasanya yang dibahas adalah data buku yang terdiri dari (1) judul buku, (2) pengarang, (3) penerbit, (4) tahun terbit beserta cetakannya, (5) tebal buku, dan (6) harga buku (jika diperlukan).

Dalam bagian isi, biasanya yang dibahas adalah  ulasan tentang tema atau judul buku, paparan singkat isi buku (mengacu kepada daftar isi) atau gambaran tentang keseluruhan isi buku, dan informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku tersebut. Pada bagian ini juga diulas mengenai gaya penulisan, perbandingan buku itu dengan buku bertema sama karangan penulis lain atau buku karangan penulis yang sama dengan tema lain.

Kemudian  pada bagian penutup, yang dibahas adalah kualitas isi buku tersebut secara keseluruhan, menilai kelebihan dan kekurangan buku tersebut, memberi kritik dan saran kepada penulis dan penerbit menyangkut cover, judul, editing, serta memberi pertimbangan kepada pembaca tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki.

Oh ya, ada sedikit tips nih apabila kita akan menulis resensi sebuah buku. Yaitu:
1. Baca isi buku dengan pemahaman keilmuan yang kita miliki. Minimal menguasai dasar-dasar suatu ilmu pengetahuan yang ada dalam isi buku tersebut.
2. Peresensi yang baik seyogianya membaca isi buku secara lengkap
.
3.Pilih tema pokok yang ingin anda jelaskan dalam resensi. Point of view, atau angle tidak boleh lebih dari satu. Hal ini untuk menghindari melebarnya pembahasan dari tema pokok.
4. Kutip beberapa materi dari isi buku sebagai data ulasan.
5. Berikan penjelasan pada
bagian awal tulisan secara singkat dan deskriptif isi buku.
6. Materi isi buku dijabarkan pada bagian struktur/badan penulisan.
7.Akhiri penulisan dengan komentar singkat. Peresensi yang baik akan menyanjung dan mengkritik secara objektif dan proporsional.
Oke, mungkin demikian saja materi tentang resensinya. Materi tersebut saya sadur dari beberapa sumber, jika sahabat mempunyai tambahan, silakan ditambahkan ya. Sampai jumpa.

9 comments:

  1. Oke...menyimak . Makasih yah Ilmu :)

    ReplyDelete
  2. Hehehe.. semakin garuk2 kepala, harus mengumpulkan keberanian untuk mencoba nih

    ReplyDelete
  3. Waw mksh ya... kirain dl sama aja antra review dan resensi! :-)

    ReplyDelete
  4. hehe jadi tahu sekarang, biasanya nulis resensi entah itu review suka asal aja :D

    terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  5. woh. yang barusan kubikin kurang memenuhi kaidah resensi dong. hehe
    tapi ya itu memang bukan resensi. sekedar berbagi setelah membaca :D

    ReplyDelete
  6. makasih banyak untuk cara meresensi buku yang baik...
    saya jarang sekali mengutip hal-hal yang ada di dalam buku. seringkali lebih karena lupa di halaman berapa yang tadinya bagus menurut saya.

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya, Pak Guru.

    Pas banget saya ingin buat resensi novel. ^^

    ReplyDelete
  8. kalo aq bhas buku, mgkn masuk rivew kali ya hehe

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *