Thursday 30 May 2013

Kapan dan Kenapa Kamu Jatuh Cinta pada FlashFiction?

Beberapa waktu yang  lalu, salah satu admin Monday FlashFiction melemparkan pertanyaan sharing yang seru: "Kapan dan kenapa kamu jatuh cinta pada FlashFiction?"

Coba simak jawaban dari member ini yuk... ^_^

Istiadzah Rohyati Zakaria
Dulu, saya sama sekali ga tau apa itu ff dan seperti apa model ceritanya. Tapi begitu pertama kali mak Carolina Ratri bikin dan ngajakin temen2 grup sebelah utk bikin ff, saya tertarik! Padahal waktu itu saya belum kenal sama beliau, lho. Dan bisa dipastikan, saat itu saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Pada ff, ya, bukan pada si emak :p
Saya tertarik pada model ceritanya yang singkat, padat, dan ending yang di luar dugaan saya. Twisted ending, ini yang menarik dari ff. Iya, saya bener2 jatuh cinta sama ff! Saya pun perlahan mulai melupakan cerpen dan sajak. Saya selingkuh. Tapi asyik!

Sri Sugiarti 
Hikkss...aku tak mau selingkuh mak ...cintaku pada pandangan pertama sama FF yg langsung turun kehati ....langsung deh aku tlis walau dulunya aku tak bisa ..sampai sekrangpun masihbanyak kurangnya..tapi membaca FF teman yg jago2 tertarik sekali...karena gak ngebosenin...itu menurutku .

Sari Widiarti
Karena G-string merah aku jatuh cinta pada FlashFiction. Jatuh cinta pada FF karena, ya itu singkat, hanya beberapa kata, endingnya tak terduga. Seruuuu aja mainnya/

Marcia Maria Ruska
Ga ribet, ga perlu waaktuuuu lamaaaaaa jadi deh tuh cerita FF. Kenapa ga di buatin film ya? Kalau kata aku sih yang masih awam, FF kyk 'sketsa'.

Riefgreat Junior
Saya dari dulu emang suka hal-hal yg berbau karya sastra. sejak SD. Hihihi. Saya tak pernah merasa selingkuh tapi saya berteman dengan mereka semua (puisi-cerpen-FF-novel). Berteman tp mesra. Tsaaaahhh. Nah kan dari FF saya bisa menggali terus menggerus terus keterbatasan yang saya miliki. *uhuk* Saya suka FF karena twist endingnya. Padatan kata dan alur cerita. Ealah moga-moga gak salah istilah.

Novia Ermayani Wahyudi 
Sama dengan Istiadzah Rohyati Zakaria. Aku juga tertarik FF setelah baca FFnya Carolina Ratri. Padahal sebelumnya udeh pernah baca diblog lain tapi blm paham kalau itu FF. Nah, beberapa hari yang lalu saya penasaran dg perbedaan FF dg fiksi lain. Akhirnya dikasih link ini  sama mak Carolina. Dari situ, langsung buat FF pertama..

Sulung Lahitani Mardinata 
Karena kita mesti memelintir endingnya serta pandai-pandai memilih diksi agar FF kita ga melebihi batasan kata.

Na Fatwaningrum Adianto 
Saya tau FF dari mbak G, waktu itu prompt nya ikutan, sama mbak Carra juga, en waktu mbak carra mbikin prompt juga, aku langsung ikutan. Suka FF karena mbikin en mbacanya singkat wekekekekeke. Saya masih blom bisa bikin twist yang ngejengkalin sih, tapi mbaca FF yang bikin kaget itu serrru...

Yusrizal Ihya 
Kenapa saya suka FF?
Mungkin sebagai bentuk penyelamatan ego saya yang pemalas tingkat akut. Malas nulis panjang-panjang, jadinya larinya ke FF deh. Haha..

Rini Uzegan 
Saya dulu nggak tau sama sekali dengan FF, pas lagi blogwalking gitu, nyamploklah di blognya mbak Nurusyainie. Aiih keren pas baca tulisan2nya, dan lalu kemudian nemu blog berani cerita, iseng aja bikin FF nya karena masih cinta sama sastra dan puisi *berasa seorang sastrawati* hihihi..Trus dari situ baca FF di blognya Bunda Yati Rachmat, trus melancong lagi ke blog nya mbak Jiah yang cerita FF nya ajaib, dan terakhir singgahlah di Blog Mas Sulung. Wow, ternyata keren-keren yah tulisannya, jadi penasaranlah saya. Eh, ternyata mereka punya satu kesamaan, Sama-sama anggota grup MFF, dan akhirnya berlabuhlah saya di Grup ini *fiuh* Panjang bgt ceritanya ini yah...

Lianny Hendrawati 
Pertama kali kenal saat membaca tulisan-tulisannya Carolina Ratri utk kontes KF itu. Post Bapak Pulang, Sayang itu bikin kaget endingnya, trus post ke 2 Menikah, wuahh secara nggak pernah baca yang beginian bikin aku tercengang-cengang. Abis itu penasaran cari tau apa sih itu FF.

Mel Puspita 
Pertama kali kenal FF beberapa tahun lalu di kemudian.com dan jejakubikel. Lalu 1,5 tahun lalu aku gabung di twitter, kenal seorang fiksiminier yg kuanggap guru menulisku. Aku kagum banget dengan gaya tutur dan teknik berceritanya yang extraordinary. Makin ke sini, kenal beberapa fiksiminiers yg imajinasinya suka bikin gemes dan dari mereka juga akhirnya aku nekat nulis FFku sendiri. Sekali nulis dibantai habis2an sama beberapa fmers itu. Jadi tahu deh nulis ff keren itu gimana, tapi ya sering bolong sampai sekarang. Ah, aku sih yg penting berani nulis dulu. Teknisnya belajar sambil jalan. Gitu deh awal aku kenal FF. #curcol

Nunung Nurlaela 
Saya baru tahu istilah FF ya karena lihat G STRING merah bertaburan di grup sebelah. Aku iseng aja klik salah satunya, dan yang kubuka saat itu punya mak Istiadzah Rohyati Zakaria, mak Hana Sugiharti, aih apaan sih FF itu? FLASH fICTION, aku malah ngebayanginnya Telkomsel Flash mak hihihi. Ee tapi aku jadi suka dan senang bacanya, endingnya itu, macem-macem. Oh ternyata ini sengaja bikin dari ide/prompt yang sama, pantesan kok ada kalimat yang sama dan gambarnya juga sama. Trus saya baca postingan mak Carolina Ratri selaku bosnya MFF ini untuk membuat grup sendiri, akhirnya saya tertarik, join deh. Gimana gak tertarik, belajar FF yang saya masih awam dan gak biasa bikin, dan rata2 emak2 penghuninya, mantap kan? Sejak itu saya makin tertarik belajar FF.

Jiah Al Jafara 
Aku kenal FF setahun lebih, cuma ga bisa bikin ngetwist. Ntar kapan-kapan tak posting FF pertamaku hihi
tapi jatuh cinta dan ngefens abis pas gabung d MFF.

Eneng Maspuroh 
Sumpah, diriku baru tahu apa itu FF. disini di MFF ini. Aku katro banget keknyaa. Hihi. Aku merasa tertarik, terhipnotis setelah 2 mingguan lebih kalau gak salah, berada digrup ini. Setelah mengamati beberapa temans yang lain, akhirnya aku tertarik untuk bikin FF yang pertama prompt#13. Keknya aku harus coba tatangan selanjutnya. Semangat para MFF lovers!!

Ranny Afandi 
Aku kenal FF dari baca blog mak eka. Trus ada event kampung fiksi itu tuh, nah sama mak carra juga sampe 25 besar. Dari situ penasaran ma FF. Dan akhirnya gabung ma MFF, gag langsung bikin prompt tapi baca-baca dulu. Ternyata menantang juga bikin FF hehehe. Sebelumnya sih suka menulis juga kek cerita gitu atau sekedar 'muntahan' pikiran *halah* . Ada sahabatku yang pintar nulis, dari dia juga belajar nulis cerita yang baik dan satu lagi sahabatku yang suka nulis juga, sama dia bareng belajar. ^.^

Istiadzah Rohyati Zakaria 
Baca2 jawaban temen2, waaaah ternyata udh pd kenal FF sejak lama ya! Sementara saya, baru Januari kemarin ini kenalnya, dikenalin sama mak Carra. Saya asli ga tau ada cerita model FF meski saya dulu kuliahnya sastra. Thank's to MFF.

Evi Sri Rezeki 
Saya kenal FF tahun kemarin, tapi belum tertarik buat nulis. Lebih sering menjadi silent reader buat group Monday Flash Fiction (jadi pada ga tahu hihihi). Baca buku FF juga. Lama-lama saya jadi pengen nulis juga. Tapi sayangnya, senin minggu ini saya belum ikutan nulis hiks

Rini Bee Adhiatiningrum 
Saya baca FF pertama di ngerumpi.com. Dari situ saya langsung suka dan nekad ikutan nulis dengan twist ending. Cuma saya belum tahu aturannya termasuk batasan jumlah kata. Tujuan saya cuma bikin ending yang tidak terduga aja.
Baru rutin nulis FF pas ikutan prompt G String Merah dan aktif di MFF. Setelahnya baru mulai nekad ikutan BeraniCerita..

Saya suka sensasi membaca endingnya yang tidak terduga. Seakan mendapatkan kado, menebak isinya dan kaget luar biasa karena isinya yang di luar perkiraan saya.
Kalo membuat FF itu seperti mempersiapkan pesta kejutan. Dan ketika si calon korban terkaget2 dengan surprise yang kita buat, rasanya luar biasa..

Carolina Ratri 
Wuah.. keren amat sharingnya ini yak maap aku seharian kemaren susah banget mo online. semoga minggu depan udah normal lagi semuanya.

Kayak yg aku bilang, jatuh cinta sama FF pas di event Postcardfiction di Kampung Fiksi. Kebetulan memang otakku menyimpan banyak banget ide cerita cuma aku belum bisa ngeksekusinya. Waktu itu kupikir, mungkin akan lebih gampang kalo aku belajarnya bertahap. Dari FF dulu baru ke cerpen, lalu *semoga* bisa lanjut juga ke novel ... Ternyata FF cukup bisa mengakomodasi keinginanku untuk belajar. Tapi belajar sendiri itu GARING! Makanya aku inisiatip buat ngajak siapa aja untuk mau sparing partner denganku. Yang pertama bilang mau jabanin ya mak Hana Sugiharti itu :)) jadilah beliau orang pertama yang masuk ke grup ini :)))

It's always nice to learn with you all, guys!! *cium satu2*

Diah Kusumastuti 
Istilah flashfiction sering saya lihat ketika salah seorang adik kelas sering posting tentang FF di wall fb nya. Tapi saya males buka postingannya, soalnya beberapa kali baca cerpen atau tulisan-tulisan dia yang lain isinya kebanyakan tentang seks, dan seputar itu deh. Dan saya suka males baca yang begituan "Paling isinya juga gitu-gitu, cuma bedanya flash, 100 kata atau 200 kata" begitu pikir saya.
Trus ketika mbak Nunung Nurlaela 2 kali posting FF di blognya saya iseng baca, dan tertarik pengin ikutan coba. Ya udah akhirnya gabung di MFF ini. Jadi MFF lah yang pertama kali mengenalkan saya tentang FF

Hana Sugiharti 
Iya saya senang sekali waktu itu mak Carolina Ratri ngajak temen2 lain di KEB untuk belajar bareng, awal liat FF emang karena ikutan Postcard Fiction itu, udah lama sering bikin cerpen cuma ga ngerti teknis dll nya jadi nulis2 aja, bahkan pernah saya sodorin kata mas gong nulisnya sih udah dari hati tapi ga ada ruh-nya xixi, jadi MFF ini saya bisa belajar bahkan soal EYD dan Ruh dalam menulis , walau sama2 belajar tapi saya merasa dengan mengunjungi blog temen2 kita bisa seperti "kuliner FF" dan saling berbagi resep . Hmmmm terus jujur sih grup ini salah satu grup ternyaman saya karena orangnya "Ndableg" dalam arti no heart feeling dalam bercanda. Tapi saya juga minta maaf ya ama mak Carra dan yang lainn nya kalau belum jadi partner yang baik

Ari Ta 
Luv dech buat MFF, disini saya belajar banyak dan di hajar banyak...hehehh.. Alasannya simple: saya suka tulisan yang singkat, flash. Tapi pesannya dapat, akhir cerita itu yang paling menarik. Teman-teman disini juga baik dan mau ngajarin.

-------------------

Wuahhh... senengnya kalau ternyata grup Monday FlashFiction yang terbentuk tanpa disengaja ini akhirnya bisa menginspirasi dan mendatangkan manfaat buat kita semua ya.. Jadi terharu. *lap mana lap?*

Semoga ke depannya grup ini bisa semakin besar dan menjadi wadah kita semua untuk belajar nulis, ga cuma untuk menulis FlashFiction tapi menulis pada umumnya.

Peluk semuanyaaaaa....

11 comments:

  1. Saya juga jatuh cinta pada FF, tapi sepertinya Ff yang kdg mau kdg enggak sama sayah #Loh
    xixixiii.... sedang menyerap byk energi positif dari para emak yg jao bercerita ini spy saya juga jadi jago ber FF ria ^^

    ReplyDelete
  2. wah, saya belom komen di grup. komen di sini aja lah. Dulu saya kira FF itu cuma sekedar cerita pendek aja eh cerita mini ding. Belom tau kalo ada ending yg musti dipelintir-pelintir. hihihi. dengan pedenya ikutan kontes postcard fiction di kampung fiksi, dan kalah karena memang ending cerita saya biasa aja, datar aja gitu. Pas bikin prompt pertama di MFF #1:G-String Merah jg belum bisa bikin ending yg menggigit. Tapi, makin ke sini makin banyak belajar, banyak baca cerita dari para jago2 FF, bikin saya terpacu, geregetaaaan pengen bisa bikin juga. walaupun skrg lompat-lompat ikutan prompt-nya (kadang ga ada ide, ato lagi sok sibuk, kekekek), tp saya tetep ngikutin perkembangan MFF. Saluuut buat semuanya. *menjura*

    ReplyDelete
  3. Saya ... gak tahu ... tiba-tiba saja iseng ikutan grup ini, setelah lihat beberapa teman yang ikutan juga. Sampai sekarang masih mempelajari, dan kadang masih kesulitan cari idenya. Ikut coment disini deh... ^^

    ReplyDelete
  4. Komentar saya masuk blog MFF bulet2. Yay *jingkrak2*

    ReplyDelete
  5. Ketika saya bewe tidak sengaja saya jatuh ke lobang ini, dan ternyata isi lobang ini luar biasa, penuh dengan imajinasi yang terkatakan. Lobang ini dan menjadikan hidup lebih hidup (*lobang baca : ketemu MFF)

    ReplyDelete
  6. Waktu bewe gak sengaja saya bertemu dengan MFF, dari mata langsung ke hati - jatuh cinta abis - meski saya sendiri masih sangat buta yang namanya flash fiction tapi sudah keburu cinta :)

    ReplyDelete
  7. saya jatuh cinta sama FF gara-gara membaca keluhan pembaca tulisan saya bahwa saya kalau nulis selalu banyak dan panjang. "Rasanya gak mungkin liat Mbak Ade nulis pendek dan singkat." Jadilah saya mencari tahu bagaimana cara menulis pendek dan singkat lalu ketemu dengan RIni Bee yang sering nulis FF dan mencoba untuk mengikuti jejaknya dan ... kok jadi jatuh cinta ya? xixi

    ReplyDelete
  8. kiss jauh untuk mba carra yg sudah buat saya jatuh cinta di grup ini... hihi

    ReplyDelete
  9. Saya jatuh cinta dengan FF saat saya mendapati diri saya tak mampu berimajinasi...

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *