Tuesday 25 February 2014

Review Buku: Kata Mitos - Katanya sih Mitos

Oleh: Masya Ruhulessin 



Judul : Kata Mitos – 15 Cerita yang Mengancam Logika
Penulis : Ifa Avianty, dkk.
Korektor : Yuli Yono
Editor : Esvandiari Sant
Banyak hal : 100

“Jangan berpindah-pindah saat makan, Nak. Kamu mau punya istri banyak nanti?”   
“Tahu mitos tentang foto dalam jumlah ganjil, guys? Kata nenek,  salah satu di antaranya bakalan meninggal dan aku nggak mau itu terjadi sama kita.”
“Kok suka nongkrong di pintu tengah? Awas nanti seret jodoh, lho.”

Sudah akrab dengan beberapa ungkapan diatas? Atau baru pertama kali mendengarnya?

Terlepas dari urusan percaya atau tidaknya, mitos merupakan sesuatu yang begitu melekat di kehidupan bermasyarakat kita. Buku ini mengemas mitos yang kerap ada disekitar kita dalam 15 flash fiction menarik yang sayang untuk dilewatkan. Seperti flash fiction pada umumnya yang sarat ledakan penutup, dalam buku ini pun kita bisa menjumpainya.

Mitos mengenai kebiasaan berpindah-pindah saat makan dengan banyaknya istri yang akan dimiliki dipilih disajikan sebagai pembuka buku ini. Dilanjutkan dengan “Kutukan si Hitam” yang bercerita mengenai akibat jika kita menabrak kucing dan membiarkannya begitu saja. Sebagai penutup ada “Gara-gara India” yang membuat saya tertawa pada awalnya lalu kemudian membayangkan bagaimana rasanya menjadi orang yang dibohongo. “Habiskan, Tangisan.” adalah salah satu flash fiction berhasil membuat saya bergidik sendiri. Garis besar ceritanya yakni bagaimana penulis menyajikan mitos yang merasuk terlampau dalam pada pikiran tokoh rekaannya. Keren. :D - Flash fiction lainnya berkisah tentang hubungan keluarga, percintaan muda-mudi dan pernikahan.

Tiga bintang dari lima untuk buku ini.

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *