Tuesday 25 June 2013

Dari Mana Dapat Ide Cerita?

Olrait. Kamis Sharing. Mari kita share, temen2 kalo dapat ide itu dari mana aja? Kalau saya, jujur, setiap kali baca berita kriminal itu selalu kuat banget ngingetnya. Bacanya antara seram dan senang; seram karena kok ada ya kayak begini di dunia nyata, senang karena dapat ide baru untuk fiksi saya. Hadeh, kok ya dari berita kriminal idenya.. -_-

Oke, silakan share di komen ya, ide temen2 paling sering datang dari mana? :))))

--------------------------------------

Sri Sugiarti 
Ide itu datang setelah mendengar cerita orang. Baik itu langsung face to face, melalui status kawan di Facebook, liat catatan Facebook kawan juga, dan ada pula cerita pribadi juga ding. Yang dituangkan ke dalam fiksi. Jadi banyak galaunya kalau aku fiksinya. Jadi ada senang, terharu, tragis, kadang juga lucu.


Harry Irfan 
Kalo saya dari film, kadang pas sehabis nonton film saya biasa gak puas sama endingnya, lalu terlintas lah premis sejenis dengan ending versiku.. Kadang juga dari keadaan sekitar sih, misalnya lg di angkot, dengerin obrolan orang, kayaknya dramatis, tinggal ditambahin twist deh.. Cuman masalahnya otakku kan agak-agak absurd gmana gitu, jadi kadang twistnya jg absurd.. Haha.. Ini ceritaku mana ceritamu?


Carolina Ratri 
1. dari buku. Semakin bagus buku, saya jadi semakin pengen ngejar bikin versi lainnya.
2. dari ngelamun sambil nyetir :))))) biasanya karena liat sesuatu di jalan. Makanya suka nyetir ga pake ac or musik. Biar peka sama sekitar.

Selama ini malah belum pernah nulis berdasarkan pengalaman pribadi. Semuanya dari imajinasi. Kalo pengalaman pribadi malah jadi malu. Kayak menelanjangi diri sendiri.

Hana Sugiharti 
Kalau saya ide muncul dari kegiatan sepele malah, biasanya lagi ngobrol sama temen, lagi jalan terus liat something atau lagi denger anak-anak ngoceh.

Rosita J Aisyah 
Kalau aku dari mana aja sih, kadang habis baca komik, nonton tivi, dari keadaan sekitar, kadang malah terlintas gitu aja waktu lagi bengong di WC. Kadang juga udah ngelakuin segala macem dari baca-baca sampai nontonin TV ide ngga dateng-dateng. :|

Rini Uzegan 
Ndenger dari pengalaman orang-orang disekitar, film, lirik lagu, gosip ibu-ibu dikampung wkwkwk.. Mungkin kadang saya campur dari pengalaman pribadi biar ceritanya lebih kerasa.

Ranny Afandi 
1. Buku, 2. Film, 3. Sekitar, 4. Cerita teman atau pribadi

Novia Ermayani Wahyudi 
1. Pas mengendarai motor, entah kenapa tuh ide mengalir kaya air selama perjalanan. mungkin karena banyak yang diliat di sekitar kali ya.. *jangan ditiru, bahaya*
2. Pengalaman pribadi, lebih mudah menjabarkan ide ketika menceritakan diri sendiri *mulai narsis*
3. Nongkrong di WC. Mungkin karena bisa ngelamun dll
4. Pas menyendiri

Rini Uzegan 
Kalo saya mah, justru ide itu sering muncul pas lagi ngangkat masakan gosong dari kuali #akibat keseringan masak sambil ngayal

Rinrin Indrianie 
Dari mana-mana, baca buku, nonton film, curhatan temen, berita koran, sampai ke sinetron geje dan atau inpotenment ituh. Tapi mostly aku nge-draft si ide cerita di kepalaku pas lagi macet di jalan Jekartah yg naudzubillah ini hihihihi...

Sulung Lahitani Mardinata 
Dari membaca, dari film-film yg pernah ditonton, dari cerita siswa2, dari melihat lingkungan sekitar, dan dari tulisan temen-temen sendiri.

Latree Manohara 
Aku lebih suka dari melihat hal-hal 'unik' di sekitar kita. Yang lucu, yang tragis, yang romantis, yang menyebalkan...

Rini Bee Adhiatiningrum 
Ide ya? Ide itu bisa ada di mana aja dan kapan aja sih sebenarnya. Kalau tulisan saya kebanyakan idenya datang pas saya lagi ngerjain kerjaan rumah tangga. Misalnya: ada prompt tentang lagu lalu saya baca cuplikan kalimat "Distance means so little when someone means so much" lalu saya tiba-tiba aja dapat ide tentang 'mengunjungi kekasih'. Nah yang jadi pikiran berikutnya adalah nyari ending yang twist dan membentuk kalimat di bagian ceritanya.

Atau pas lagi utak-atik di google translate. Iseng-iseng saya ketik tulisan 'beristirahat dengan tenang' dan saya ubah-ubah ke bahasa lain sampai ke bahasa Belanda. 'rust in vrede' lalu saya tiba-tiba nemu ide cerita dengan tokohnya bernama Rustin.

Kadang juga dapat ide setelah nonton film, My Sassy Girl, misalnya. Yang bagian ngubur-ngubur kenangan. Kapsul waktunya saya ganti endingnya.. Atau baca buku. Pengen bikin ending yang beda. Pas lihat kucing, pengen ngejadiin kucing tokoh utama, dsb. Ide juga bisa didapat pas blogwalking. pas baca, eh malah kepikiran bikin cerita dengan versi yang beda.

Alex Nyan Randy 
Kalo saya nonton anime sangat membatu ide yang datang.

Astin Astanti 
Dari status facebook temen...hehheee

Ari Ta 
Kalau saya sih dari melihat, mendengar dan membaca, simpel aja.
Tapi 'time' nulis sangat mempengaruhi.

Rinrin Indrianie 
Aku sering pergi ke public area (resto, mall, tokbuk, etc) sendirian. Merhatiin orang2 di sekeliling, kadang bisa jadi ide fiksi juga, dan malah penokohannya bisa langsung mendeskripsikan si orang tersebut.

Lianny Hendrawati 
Dari buku, tv, koran, dari sekitar misal saat jalan-jalan ke mall. Bisa dimana saja sih, tiba-tiba ide lewat begitu aja di kepala. Kadang saat njabanin prompt, dipaksa sekeras apapun nggak bisa muncul satupun ide. Eh klo lagi santai2 malah ide bersliweran di kepala.

Rini Maya Sofa si'Penjelajah 
Dapat ide? Biasanya dari pengalaman atau kadang pas lagi ngobrol bareng temen-temen atau liat kejadian sekitar. Pas ide nglintas langsung tulis di kertas *gawenya ke mana-mana ngantongin pena n selembar kertas#

Yang asiknya lagi, kalo idenya itu ada tentang teknologi canggih/ super canggihnya yang ini biasanya dari film. Macam film Jimmy Neutron the Boy Genius.. Hehe..

Kadang si ide juga malah tiba-tiba lewat begitu aja. Langsung catet. kalo nggk, bakalan ilang. mau ngingetnya lagi susah.. sayangnya kadang, nggak smua ide terselesaikan..

Rini Bee Adhiatiningrum 
Ide munculnya sewaktu-waktu. Gak bisa diprediksi. Bener kata mba Rini Maya, harus ditulis biar gak menguap. Kadangkala pas baca prompt, bisa langsung dapat ide. Kadang-kadang harus ditinggal dulu, ditinggal nyapu dan beberes eh tring dapat ide. Kalau gak ada ide, ya berhari-hari juga gak kelar itu prompt. Hehe.. Tapi kalo pas dapet, ya saat itu juga bisa langsung beres.. Jadi tulisan FF. Contoh tulisan yang begitu baca langsung dapet ide dan bisa langsung ditulis itu FF yang judulnya Lorong. Untuk BeraniCerita..

Riefgreat Junior 
Dari kejadian sehari-hari dan spontanitas. Saya adalah pemegang prinsip geje tapi tetep nge fiksi. Terlihat dari latihan FF saya yang kebanyakan ga masuk akal ;))

Sri Sugiarti 
Sama.dengan komennya mbak Ririn Handayani. Ide itu datang dia saat kita jalan-jalan...merhatiin orang iya aku banget tuh...perhatiin orang trus aku tulis kisahnya...hehehehe

Na Fatwaningrum Adianto 
Hehehehehe hampir semua pernah dapat ide waktu ke belakang yah, saya juga . Tapi kalo ditanya dari mana, agak susah njawabnya karena kalo dikasi prompt gitu kadang-kadang langsung kelebat aja nemunya. Mungkin akan mirip sama buku, film, ato lagu, tapi ya gitu ditanya...buku film yang mana, saya akan lupa :))). ada beberapa juga yang pengalaman pribadi sih, tapi wis diplintir abis-abisan . Ada juga yang tanya ide dari suami, wekekekekekeke *ini kalo wis blank bener2an :)))

Ajen Angelina 
Kalau aku idenya dari mimpi, datang tiba-tiba, habis baca novel, pas lagi jalan-jalan, pas lagi naik angkot, pas hujan, pas panas terik, pas lagi mandi, pas lagi BAB, pas lagi nulis komen ini.. Nulis dulu yakk!  Intinya ide datang dari mana-mana.

------------------------------------

Nah, kalau kamu, dari mana idemu menulis datang? ^_^

6 comments:

  1. Dari membaca prompt yang dilempar di MFF... :D

    ReplyDelete
  2. Kalau saya dapat ide biasanya dari prilaku prilaku sehari hari Mbk.

    Semuanya seakan ingin sekali saya tulis dan saya share kepada rekan rekan.

    Hehe. Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Dari sehari-hari sih mbak, kejadian yang bisa di ketawain dab juga ada hikmahnya

    ReplyDelete
  4. Kalo saya dari mana aja. Kadang lagi ngelamun, jalan, nonton, tidur. Pokoknya tiba-tiba aja.

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *