Friday 23 May 2014

Manfaat Membaca Untuk Kesehatan



Fenomena yang terjadi saat ini, kebanyakan orang begitu sibuk dengan kesehariannya. Orang juga lebih suka menonton film atau TV, main game dan komputer, sehingga tidak cukup waktu untuk membaca. Padahal banyak sekali manfaat membaca. Selain memperkaya wawasan dan informasi, ternyata membaca juga bermanfaat untuk otak dan kesehatan.

Ada lima manfaat membaca untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Lifemoyo pada tahun 2011 lalu.

1. Melatih Otak

Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan rutin.

2. Meringankan stres

Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan mampu untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi dan buku keagamaan sebelum tidur. Caa ini dianggap bagus untuk mengatasi stres.

3. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer

Kegiatan membaca dapat meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak, termasuk yang diakibatkan oleh penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, sudoku dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat saling terhubung dan kemudian tumbuh secara optimal.

4. Mengembangkan pola tidur yang sehat

Kegiatan membaca buku sebelum tidur dapat bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirim sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Hal ini akan membantu kita tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi

Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena konsentrasi yang lebih terjaga ini, orang yang suka membaca akan mampu memberikan perhatian penuh dan praktis pada kehidupan, yang bermanfaat untuk mengasah keterampilan berpikir, obyektivitas, dan pengambilan keputusan.

Jadi, jangan hanya menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton televisi atau bermain game komputer. Luangkan waktu untuk membaca buku. Kebiasaan baikitu tidak hanya memberikan refreshing, tapi juga memberi manfaat untuk kesehatan, terlebih lagi pada kehidupan.

Yuk, baca!

*disadur dari Manfaat Membaca untuk Kesehatan - Majalan EYD #5 Oktober 2013

1 comment:

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *