Friday 11 October 2013

Sharing: Novel yang Tidak Terlalu Layak Dibaca Menurut MFF-ers

Halo MFF-ers.
Berikut adalah sharing kita beberapa waktu yang lalu, tentang novel yang engga banget buat dibaca. Ada yang kasih referensi, ada yang kasih opini dan sebagainya. Seru banget deh!

Simak yuk!

-------------------
Selamat pagi
Saya mau curhat nih teman-teman. Dengerin yaaa *alaaaah*

Hehehe... Jadi gini. Saya beberapa kali pernah baca novel, dan ternyata saya bosen banget bacanya. Selain alurnya aneh, banyak yang ga masuk akal seperti tahu-tahu aja ada tokoh anu muncul di tengah cerita, lalu tetiba juga ngilang kemana. Trus tokoh yg dulu ketemu kebetulan, tetiba muncul lagi di halaman lain tanpa penjelasan apa-apa. Semacam sepele, tapi asli, gengges! :))

Akhirnya novel ini saya jadikan semacam "kambing hitam" atas terjadinya Writers Block pada saya X)) *jahat* Maka saya lagi mengumpulkan semangat lagi dan memulainya membaca-baca ulang buku-buku keren yg dulu pernah saya baca.

Adakah teman-teman pernah mengalami juga? Kalo pernah, dan mau menyebutkan judul, boleh juga sebutkan judul novelnya Kalo pernah, lalu apa efeknya ke teman-teman akan buku-buku yang kurang keren ini, dan lalu apa yang dilakukan?

Ini memang subjective ya.. Jadi silakan aja kasih opini subjektif



Erlinda Sukmasari Wasito 
pernah kok mbak ngalamin kayak gini, beberapa kali. ada yg saya diemin ga mau baca lagi.
  
Carolina Ratri 
biasanya apa yang bikin ilfil Lin?
   
Lina K Sari
daku juga sering begitu mba, malah jadi mental block buat baca buku. Ada yang cerita muter2 ngga jelas, ada yang bertele2, cerita terlalu datar phiufff. Terpaksa harus di recharge cari buku yg pengarangnya kenal dulu
  
Carolina Ratri 
padahal tadinya pengen semacam mencoba taste baru gitu ya?
 
Erlinda Sukmasari Wasito 
pernah baca buku itu lupa judul..buku terbitan indie. sinopsisnya keren. pas buka, kok awut2an. jadi jalan cerita plus konflik plus tokoh kayak draft mentah, bukan novel udah jadi....dan itu dataaaar sekali. jadi ga bisa dipahami itu novel maunya apa

Carolina Ratri 
fyuhhh kalo indie emang resikonya gitu yaa.. aku juga pernah beli buku indie karena ada iming2 kata FlashFiction di depannya tapi ternyata...
Padahal banyak juga yang bagus. Aku kmaren dapet Seratus Tiga itu kereeeen loh..

Lina K Sari
Iyaaa, pengen yang beda padahal itu novel ada komen dari penulis bekennya gitu, tetep aja ngga jaminan ihiks (novel2 UK aku mba, maklum yg murah disini :D)
  
Erlinda Sukmasari Wasito
saya kalo liat lay out buku kacau udah hampir yakin isinya kacau, kemarin dibeliin novel fantasi di bazaar buku dan terbukti.... ga sepenuhnya salah kok kalo kita menghakimi buku dari covernya..
   
Carolina Ratri 
wah iya betul banget... mau ga mau tanpa kita sadari banyak yg begitu. Kayak, pernah ga sih liat novelnya Dee *misalnya* covernya mawut? Kayaknya ga pernah... mau ga mau cover itu semacam "wajah". Langsung ada auranya.
  
Rinrin Indrianie 
Aku sering bgt begitu mbakyu, makanya kalo baca buku pasti loncat2, dalam arti jarang bgt baca satu buku hingga selesai baru lanjut buku lain.

tapi kalo bukunya terlalu 'aneh', mendingan ditinggal ajaaaa ga usah lanjut baca, tapi ga perlu dijadiin kambing hitam segala hahahaha
   
Erlinda Sukmasari Wasito 
padahal lay out itu ada ilmunya, cover juga kan ga sembarang yg penting dianggap cukup atau bagus atau malah asal ada haha

kalo terlalu banyak typo, seakan kita yg baca disuruh makan produk mentah
  
Carolina Ratri 
hahahahhaha abis gimana yaaa.. biasanya ya aku tinggal aja neng Rinrin.. tapi kalo ditagih review sama penulisnya, gimanaaaa?? iya, ini tentang yang tempo hari :))))
   
Carolina Ratri 
cover ga bisa dipandang sepele, karena itu wajah. layout, itu menentukan nyaman enggaknya dibaca. Apalagi typo. Kebanyakan, tinggal! Jadi penulis kebanyakan typo itu kan aneh yaaa.. *IMO sih*
  
Erlinda Sukmasari Wasito
bukan aneh lg tp dia juga ga menghargai pembaca dan dirinya sendiri. kalo di blog masih wajar. karena pembaca ga mengeluarkan uang untuk membaca tulisan itu jadi kerugiannya ga sebesar beli buku terus baca eh banjir typo. buku yang ada typo, buku2 bagus, rata2 di bawah hitungan lima jari typonya sepengalaman saya baca.

Carolina Ratri 
kalo di blog mah gpp. kalo di buku emang keterlaluan sih...

Rieya MissRochma 
Aku pernah, sering malah. Akhirnya seringnya banyak buku yang terhenti buat kebaca. Kalau aku mbak, aku alihkan dulu ke kegiatan lain, scrapbook terutama. Kalau scrapbook dah habis ide, baru mulai baca novel lagi. Tapi, ngga au lanjutin novel yang 'aneh' itu, ganti novel lain.
 
Carolina Ratri 
Jadi ada berapa banyak yang terhenti dibaca? banyakkah? :))))

 Ajen Angelina 
ahhh banyak.. ada novel judulnya tootbrush apa gitu.. sumpah ga jelass banget ceritanyaa.. novel kaya gini saya buang atau kasih orang. ada juga novel judulnya piano apa gitu terbitan gramedia, sumpah melankolis abis dan ya ampunn gitu deh.. adi kalau ada novel yg mulai ga bagus awalnya saya skiming dan kalau pertengahannya ga bagus saya lepas dan takkan baca lagi. c'mon, mbak life is too short to read bad books

Carolina Ratri 
wakakakakkk.. iya Jen. Kemarin itu terpaksa dikuat2in sampe akhir. bener deh. Beban. Kapok! haghag.. ada tu temen penerjemah yang bilang, membaca buku itu investasi. Jangan buang2 investasimu. :)))

Ajen Angelina 
mbak Cara, kalau 100 tiga itu bukunya mas aris, mas mamar, dan mas Dani.. mereka mah cerpenis kompas, replubik dan kerenn kalau bkn ff. satu lagi mereka pengkritik yg luar biasa kerenn.. jadi emang wajar ff mereka kerenn .. Kalau aku baca novel lihat 1. penerbitnya, 2. pengarangnya. 3. rekomendasi goodreads. contoh nyata yah buku raksasa dari jogja dwitasari. buku itu ancur berat dahh.. ceritanya aneh, tokohnya terllalu lebay. bayangin aja si tokoh utama naksir seorang cowo tapi ga pernah blang ke siapa2 trus cowo yg dia naksir itu jadian ama sahabatnya tokoh utama. tokoh utama maki2 sahabatnya pake kata keparat dll.. belum lagi kata yg terlalu puitis. awal baca novel itu saya suka karena si tokoh utama baca "biola tak berdawai" karya seno. ahh pasti bagus nih dan taraa akhirnya gitu deh..

Carolina Ratri 
Iya Jen. Maksudku itu contoh buku indie yg keren, karena kadang buku indie kan udah telanjur dicap banyak yg ga bagus. aku belom memberdayakan goodreads nih. Masih cuma nanya2 temen doang. Ada baiknya kali ya kuaktifin lagi goodreadsnya..
 
Ajen Angelina 
goodereads jujur, mbakk.. oh iya satu lagi yg ga banget ffnya promadona angela.. dia banyak ambil ff dari joke-joke

Carolina Ratri 
errr kayaknya emang mendingan stay di spesialisasinya aja ya

Rinrin Indrianie 
Kalo udh ga tahan bgt baca novel, aku intip aja 2-3 halaman terakhirnya mbakyu, jadi judulnya 'udah tamat' toh? hahahaha.

kadang nama terkenal, blurb menarik dan penerbit besar ga jaminan bukunya bagus, aku sering random baca buku dr penulis yg ngga aku kenal dan suka (dan kemudian nyari buku2nya yg lain), tapi sering jg kan 'lumayan' terkenal pemenang lomba anu tapi pas dibaca kok ya bagusan tulisankuuuu gitu ya *plaaak* qiqiqiqiqi
 
Rieya MissRochma 
Hihihi... aku juga pernah mbak Rinrin Indrianie ngerasa kaya gitu. Kenapa tulisan yang lolos dan dibukukan, masih bagusan tulisanku. Hihihi.. tapi kembali pada selera editor :)))

Malah mau bikn reviewnya, jadi males bikin. Soalnya bacanya aja dah males

Febriyan Lukito
So far seburuk apapun saya tetep baca sampai abis. Paling nanti reviewnya jelek. Hehe. Sayang sih dah beli bukunya gak dibaca.
Saya pribadi gak terlalu pintar dengan kata2 puitis dan kiasan. Jadi suka deg diem sejenak pas baca buku yang kayak gini. Seperti yang terakhir Milana. Bagus sih. Tapi gak terlalu masuk di saya. Tetep habis dilahap. Waktunya aja jadi bisa sebulan buat buku setipis itu. Plus mood lagi gak pengen baca buku. Jadi ya lama.

Ajen Angelina 
mas Febryan : hahahahah Milana mah puitis kegalauan (ga kuat aku bacanya) tapi ide ceritanya ga kuat.
 
Febriyan Lukito
Mba Ajen: iya itu puitis banget. Hanya bbrp aja yang ngerti n blas bacanya enak. Padahal Dee juga suka nulis yg puitis or kiasan, tapi saya bacanya nyaman aja. Bingung.

Carolina Ratri 
Dee emg puitis, tapi masih kalo ada 1 kata yg asing, masih bisa teraba maknanya kalo dibaca sekalimat.
Gamblang jadinya...
  
Rinrin Indrianie
Aku suka Dee, diksinya bagus. cerita2nya mostly makanya 'dalem' walopun disajikan sederhana. Aku suka bgt kalo udh baca trus setelah selesai jadi merenung *tapi bukan mikirin typo dan kebetulan2 absurd ya* hihihihi
  
Sari Widiarti 
pernah kayak gitu, terus aku tutup bukunya, bacanya kapan2
mngkin pengaruh suasana hati juga, enaknya baca buku itu malam2, pas orang rumah pada tidur
 
Latree Manohara 
aku pernah baca novelnya clara ng, kalau tak salah judulnya rembulan kembar. cara berceritanya ga enak menurutku. misteri yang dia bangun terasa menggelikan. aku berhenti di halaman 25 dan aku kasih ke orang yang suka clara ng. bener, ini memang soal selera.
juga 5cm yang difilmkan itu. halaman 20 stop. salut pada Sulung Lahitani Mardinata yang bisa bertahan sampai selesai bahkan bikin review
buku-buku Dee aku juga ndak terlalu suka tapi masih mending, bisa baca sampai selesai. memang sederhana. tapi aku ndak suka ndakik-ndakiknya yang kadang sebenarnya tidak perlu.
dan itu ada di rumah novel-novel yang tidak bisa kusebut nama penulis dan judulnya. sampai halaman 10 aja udah jengah. berusaha nerusin malah marakke gemreges. jadi aku letakkan saja. tidak ada niat terus baca. skimming mungkin, nanti, kalo mau...
 
Husfani A. Putri
pernah baca novel dari kisah nyata yg kemudian difilmkan. ga suka bacanya karena banyak typo, kesalahan tanda baca, sm kalimatnya ga enak untuk dibaca. ga ngalir, jd bacanya datar aja. malah dalam hati suka ngebetulin kesalahan-kesalahan tersebut baca sampe abis sih, tapi ya itu, ga ada perasaan sedih atau gimana (memang harusnya itu cerita sedih). padahal temen yg baca buku itu sampe nangis-nangis. pas ada filmnya juga aku ga minat untuk nonton krn inget sm bukunya yg begitu

Rinrin Indrianie 
Iya sepakat mbak La, balik lagi ke selera. Aku jg ga bisa baca Clara Ng, novelnya Tere Liye jg susah bgt aku abisin. Ini aku yg lg mandeg baca Aleph, pdhl biasanya aku cepet bgt baca Coelho *nyengir*
 
Febriyan Lukito
Kalau Tere Liye saya suka dari dulu. Coelho dah lama gak baca nih. Di rumah masih duduk manis tunggu antrian

Ariga Sanjaya 
kalo Tere Liye ada beberapa yang kesannya lebay plus dipanjang-panjangin. Misalnya "Moga Bunda Disayang Allah' dan "Kau, Aku dan Sepucuk Angpao Merah". Beberapa lain bagus banget menurutku, kayak "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" juga serial anak-anak mamak.
Dan yah, kembali ke selera. Aku pernah dipinjamin (syukur cuma minjem) Pocong Juga Pocong. Maksa-maksain baca sampe halaman 70-an. Akhirnya nyerah. Leluconnya nggak banget buatku (atau karena umur juga ya?).
Novelnya Coelho juga bikin aku nyerah. Alchemist sampe sekarang nggak selesai baca.

Oya, referensi aja. Novel 'serial Taj Mahal ( Taj Mahal - John Shors, Taj - Timeri Murari, Mehrunnisa, The Twentieth Wife dan Jahanara - Indu Sundaresan) itu sangat layak baca (menurutku). Bener-bener keren!
    '
Sari Widiarti 
iya ya semua soal selera, aku suka bukunya dee, tpi bukunya djenar itu kurang suka , eh biasanya klo mandek baca, aq selingi baca komik detektif conan poreper lah klo komik
 
Sulung Lahitani Mardinata
mak latree: gerhana kembar kali, mbak? itu novel yang jd objek penelitian akhir saya. tapi emang, sih. datar aja. semacam metropop gitu. aku sih sukanya kumpulan cerpen kompas dan kumcer lainnya. kalau dr luar, saya suka neil gaiman. jrr tolkien ama dan brown jg bagus. tere liye beberapa saya suka karena ceritanya sederhana.
 
satu lagi. namanya saya lupa. dia penulis novel the palace of illusion. itu diksinya juga bagus. pengarang India dianya.
  
Ariga Sanjaya
coba baca Taj - Timeri Murari, bahasanya romantis abis, tapi nggak lebay. apalagi settingnya zaman kerajaan india. langsung deh imajinasi melayang-layang. | Satu lagi, karangan Indu Sundaresan, semuanya romantis dengan diksi pilihan. Plus cerita menawan.
 
Ranny Afandi
Novel yg ga banget tapi kuselesaikan : ketika lonceng berdentang - GPU. Ceritanya cinderella banget.
Efek : hikz koq cerita seperti ini diloloskan sih T__T
Dan novel2 genre korea..duh gag mau baca deh, ada 1 kubeli pengarangnya tmen blogku clara canceriana, mandek di bab 2,dan gag mau lanjutin.

Soal cover pernah 'tertipu' juga,novelnya windry ramadhina yg orange. Tapi makin kesini tulisan windry makin bagus. Aq suka montase-nya.

Soal typo,dr semua yg pernah kubaca, cerita dibalik noda-firbas sama labirin rasa-eka situmorang, lumayan typonya.

Uda sulung, dan brown emang keceee neh mau lahap inferno,tp lg pusing pindahan

Rini Bee Adhiatiningrum
Semua balik lagi ke selera.

Saya suka baca Harry Potter series, tapi dibilang kekanak-kanakan sama yang gak suka cerita model gini. Saya juga suka Coelho tapi dibilang mbulet sama temen saya.

 Ada yang bilang novel "ini" keren tapi diksinya bikin kepala pusing. Sampai saya harus ngulang-ngulang baca kalimatnya lagi supaya mudeng.

 Dan selera pembaca memang menentukan niat menyelesaikan sebuah novel.

Carolina Ratri 
Aku lagi mau mulai baca CineUs nya mbak Evi Sri Rezeki :)) nanti aku kasih tau kalo misalnya cuma bisa berenti di halaman berapaaa gitu ya? *dijitak mbak Vi* kalo ga ada kabar, berarti saya selamat sampai tujuan
 
Ranny Afandi 
Ud baca kumcer perempuan hujan? Itu cerpen ndoro kakung, sampe 3x baca nda mudeeeeng T___T

Harpot jg aq suka bangeet mbak rinii *tos*

Kumcer autumn once more, pembukanya itu gagal menurutku :s trus yg cerpen ika natasa itu males,90% english dan flash backnya itu koq absurd gag terhubung dgn cerita awal, tiba2 ud flash back aja, jd curiga dia gag bisa temuin diksi yg tepat utk cerpennya *dikeplak*, trus cerpen hetih, 2x baca utk yakinkan itu alur mundur-maju, selebihnya cerpen lain enak dibaca di buku ini. *sbnrnya mau bkin ripiu utk mff*

-----------------------
Semua masukan tidak ada yang diedit, kecuali menghapus bagian-bagian yang OOT.

Kamu, apa sharingmu tentang ini? ^__^
   

1 comment:

  1. Aku, minat bacaku masih buruk sebenarnya. Tapi kalo lagi pingin baca ya aku beli novel dg sangat selektif, hehe.. cari2 dulu review di internet, baru beli dan bisa enak bacanya sampe selesai. Pernah beli novel judul "Mahamimpi anak negeri", aku tertarik karena aku fikir bakal sekeren "Laskar Pelangi", endorsment di sampulnya juga keren2 dari penulis2 terkenal. hiks.. baru sampe halaman 10 aku mandeg.

    tokoh utamanya yg anak2, tapi bahasan dalam percakapan mereka beraat banget. menurutku, itu gk mungkin ada dalam obrolan *celoteh* anak-anak. :/

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *