Wednesday 3 July 2013

Sharing: Penulis Favorit Sepanjang Masa

Siapa penulis favoritmu sepanjang masa? Dan kenapa? Dan sekarang lagi baca buku apa? :D


------------------------------

Marcia Maria Ruska
Karena belum banyak baca buku, seringnya novel jadi aku pilih Tere Liye. Bagus, banyak menginspirasi, dan menyadarkan..Baru selesai baca bukunya Si Anak Singkong.

Djeng Mel
Enid Blyton

Kenapa?
Karena faktor romantisme masa kecil. Tulisannya ringan (ya iyalah buat anak2), membumi, keasikan jalan cerita yg bikin pembacanya kepingin berada dalam tiap peristiwanya.
Sampai kapanpun, bahkan sampai mati dia akan tetap jadi penulis favoriteku.

Penulis yang lain sekadar datang pergi datang pergi tergantung situasi.

Sedang baca apa?
Aku sedang meninggalkan tumpukan buku yang belum kubaca karena faktor M. Ada rencana meneruskan baca:

Amba - Laksmi Pamuntjak
Air Kata Kata - Sindhunata
Baca ulang Serial Noni - Bung Smas
Baca ulang Lima Sekawan - Enid Blyton

Rinrin Indrianie
Sekarang lagi baca Amba-nya Laksmi Pamuntjak dan Muhammad-nya Tasaro GK. Penulis favorit banyak, bingung aku milihnya *halah* qiqiqiqi

Marcia Maria Ruska
Wah aku mah belum ngerti, mba Rinrin Indrianie, alur ceritanya Muhammad-nya Tasaro GK buat bingung. Jadinya gak dibaca-baca hehe..Bagus banget ya mba??

Rinrin Indrianie
hihihi...iya, plotnya loncat2 ya, makanya aku juga bacanya lama belom beres juga. Kalo menurutku sih bagus mba Marcia Maria Ruska, bisa belajar diksi yang ngga biasa.

Nurin Ainistikmalia
Buya Hamka, saya membaca novelnya lebih dari sekali, dan tetap meneteskan air mata. Selain itu saya kagum pada sosoknya. ^^. Sekarang sedang menamatkan novel Tere Liye, kalau untuk ukuran penulis muda, Bang Tere ini produktif sekali, novel-novelnya juga menginspirasi.

Ajen Angelina
Sidney Sheldon... dia banyak mengispirasi saya.. karakter tokoh-tokohnya kuat, dia juga banyak mengajarkan saya untuk riset benar2 sebelum nulis..
Sekarang lagi baca thesis dan disertasi tentang kurang gizi pada anak usia sekolah huhuhu...

Riefgreat Junior
Lagi baca Negeri di Ujung Tanduk belum selesai. Aku ngefans Agatha Christy, tapi jatuh cinta juga sama Mbak Dewi "Dee" Lestari. Eh, waktu kecil nama penulis yang pertama kukenal yaitu Mira W sama Chairil Anwar.

Nathalia Diana Pitaloka
Kalau yang inspiratif saya suka Tere Liye dan Fahd Djibran.. Kalau yang santai-santai sukanya Ika Natassa dan Ollie..
Sekarang lagi baca Rantau 1 Muara-nya A.Fuadi..
oh iya kalau dari luar saya suka Khaled Hosseini, kalau yang santainya suka Sophie Kinsella..

Hairi Yanti
Saya suka karya-karyanya mbak Ifa Avianty. Gaya menulisnya lincah. Tulisannya renyah tapi tetap berisi. Ada banyak penulis lain juga yang karyanya saya suka : Tere Liye, Tasaro, Shabrina WS, Windry Ramadhina, dll. Lokal semua Baru selesai baca Rinai-nya Sinta Yudisia. Novel dengan setting Gaza Palestina dan dibalut dengan ilmu Psikologi.

Ne Margane
Penulis yang saya suka Dee dan juga Fahd Djibran dan masih banyak lagi. Nggak selalu yang sudah terkenal sih, kalau bukunya bagus selanjutnya jadi pengen beli karya yang lainnya juga. Sekarang lagi baca 47 Ronin by John Allyn dan Perfect Strangers by Robyn Sisman

Rini Uzegan
Waduh, terakhir baca novel tahun 2006 kali yah, sekarang lebih banyak baca tulisan non fiksi. Berhubung lagi nulis-nulis tentang cara membina hubungan yang langgeng hingga kakek nenek. Jadi sekarang saya lagi baca-baca buku yang berhubungan dengan Psikologi. Dan penulis favorit saya tentu saja John Gray

Alex Nyan Randy
Kalo penulis favorit Koushun Takami kali ya dengan Battle Royale yang menakjubkan beserta manga dan movienya. Ini juga favorite sebenernya Don Delino dengan novelnya cosmopolis yang hanya berseting di dalam limosin menggambarkan psikologis seorang milyarder muda.. Karena udah nonton I'm Number Four jadi tertarik juga dengan novelnya dan sekuelnya berjudul The Power of Six karya Jodie Hudges dan James Frey. Sangat recomended bagi yang suka fiksi fantasy.. Kalau sekarang lagi baca learning design n learning style aja buat thesis hehee

Sara Mai
Shidney Sheldon dan Agatha Chistie... yang lokal saya suka Ifa Avianty, Brahmantyo Anindito.

Carolina Ratri
Kalo aku... sebenernya sih ga favoritin nama tertentu. Lebih ke tulisannya sih. Tapi setelah diliat2 ternyata koleksi terbanyak itu Sidney Sheldon, Roald Dahl, Mario Puzo sama Agatha Cristie

Sekarang lagi baca 140 nya Fira Basuki *PR dari seorang 'guru'*

Isti'adzah Rohyati
Sebenernya saya ga punya penulis favorit sepanjang masa, karena katanya kalo kita suka sama penulis tertentu yang ada tulisan kita cenderung seperti penulis itu. Katanya, sih, ya. Tapi kalo ditanya siapa penulis pertama yg saya suka [apa bedanya cobak]...ya Seno Gumira Ajidharma. Kenapa? Karena saya jatuh cinta padanya sejak pandangan pertama.

Sekarang lagi ga baca buku apa2. Tp saya cuma bawa 1 buku ke sini dan masih ada utang namatin bacanya: Nanny 911.

Lisa Gopar 
Bicara Fiksi ya: Sepanjang masa?? JRR Tolkien, dengan the Hobitt yang brilian, lanjut Paulo Coelho, lanjut Dan Brown. Kalau yang banyak punya bukunya ya Agatha Christie. Dari SMA sudah khatam belasan bukunya. Bahkan sekarang mulai koleksi lg edisi baru. Katena yg lama...See More

Na Fatwaningrum Adianto
Sebenernya gak ngidolain banget penulis-penulis itu sih, tapi suka 'betah' kalo baca karya mbak Dee Lestari, Michael Crichton, JK Rowling, Meg Cabot, de el el. Banyak banget yang bikin betah sih.

Vera Kurnia
Favorit ga juga ya, cuma slalu aja baca novelnya Dewi "Dee" Lestari.. sekarang lagi baca ulang novel Kisah Tragis Oei Hui Lan.

Matris Londa
Penulis fav, Agatha Cristie, Enid Blyton, JK Rowling, Jhon Green, Sandra Brown, Nora Roberts/ JD Robb, Okky Madasari, Dee, aduh masih banyak lagi kayaknya, karena bacaan saya cukup beragam. Sekarang lagi baca Sapporo no niji-nya Hapsari Hanggarini.

Ranny Afandi
Wah sealiran ma mbak Mel, suka ma Enid Blyton juga,karyanya itu abadi dah..

Favorit juga sama : Pramoedya Ananta Toer, Hamka, Romo Mangunwijaya, pengarang perempuan jogja (lupa namanya), Dan Brown, Shidney Sheldon, Clara Ng, Mira W, Firbas, Dee Lestari, Marga T.

*banyak bener*

Alesan : kalo Enid itu cerita anak-anaknya menemani saya melewati masa kanak2 *tsaaah*.
- Nah utk Pram, Buya, Romo aku suka mereka saat SMU,di perpus ada novel-novel mereka,baca karya mereka seakan ditarik ke masa lalu. Ceritanya mengalir.
- Achmad Munif pengarang perempuan jogja, aku jatuh cinta berat sama tu buku, tau tentang perempuan Jawa itu kek mana..
- Dan Brown, serasa kuliah lagi baca novelnya,but I like it!
- Clara Ng, Firbas, Dee Lestari : karya-karya mereka beda. Clara cara menulis yg ringan dan mengalir, Firbas yang kebanyakan mengangkat budaya jawa, Dee dengan cerita berat bikin ketagihan.
- Mira W, Marga T : cerita cinta novel Mira W ringan, Marga T cerita cinta yang berlatar belakang kedokteran.
- JK Rowling : jangan ditanya, fantasinya huebaaat!
- Shidney : bru bbrapa saja baca bukunya tp saya sukaaaaa.

Novel yg waiting list dibaca :
Pintu harmonika - clara ng n icha rahmanti
Seri terakhir Eragon

------------------------

Karena buku adalah jendela dunia. :)

Kamu, siapa penulis favoritmu? Dan sekarang lagi baca apa? :)

No comments:

Post a Comment

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *