Saturday 1 June 2013

Review Buku: Tulang-Tulang Cantik


Review Buku: Tulang-Tulang Cantik – Novel satu ini merupakan terjemahan dari Novel The Lovely Bone karya Alice Sebold. Ada daya tarik tersendiri ingin membaca novel satu ini. 
Novel yang dikemas dengan prosa yang begitu dalam ini terdiri dari 21 Bab. Tokoh utama bernama Susie Salmon, seorang anak perempuan yang masih berusia 14 tahun saat nyawanya diambil dengan paksa oleh para pembunuh setelah diperkosa. Kematiannya menyisakan persoalan diantara kedua orang tuanya dan mengguncang ikatan pernikahan mereka. Namun semua bisa teratasi karena kehadiran adik Susie bernama Lindsey.

Di dalam Novel ini, Susie menceritakan bagaimana matanya melihat semua kejadian tragis pada dirinya termasuk pelaku pembunuhan terhadap dirinya. Semua dilihatnya dari alam baka. Alam dimana Susie hanya mampu melihat dan tak bisa menyentuh apapun. Meskipun hanya sekedar memberitahukan kepada orang tuanya. Siapa sangka jika pembunuh tersebut bukanlah orang jauh atau sama sekali tidak dikenalnya. Bahkan seluruh keluarganya juga mengenal pembunuhnya. Diceritakan bahwa jenazah Susie tak ditemukan dan keluarganya terus mencari. Susie juga melihat dari alam baka bagaimana teman-temanya terus menjadikannya sebagai bahan pembicaraan. Dan sang pembunuh terus menghilangkan jejaknya.
Di alam baka, Susie merasakan “kenyamanan” yang selama ini diketahui dari kakeknya. Segala sesuatu yang diinginkan Susie selalu saja ada, apapun itu, kecuali satu hal, pulang ke Bumi dan memeluk kedua orang tua serta adik-adiknya.

Susie kemudian menyadari bahwa betapa pentingnya hidup harus diisi dengan segala kebaikan dan menerima segala yang datang dari Tuhan. Ia pun menyadari betul perjuangan keluarganya untuk terus melanjutkan kehidupan meskipun kini tak ada dirinya lagi. Di alam baka, Susie melihat bagaimana kedua orang tuanya belajar menjalani duka yang amat dalam hingga seiring dengan perputaran waktu, duka itu terobati. 

Pembunuh Susie adalah Mr. Harvey, tetangga sendiri. Jasad Susie setelah diperkosa kemudian dimutilasi dan di simpan dalam sebuah penyimpanan khusus hingga tidak dapat ditemukan.  

Saya beri 3,5 dari 5 bintang untuk novel ini  


Judul: Tulang-Tulang Cantik (The Lovely Bone)
Penulis: Alice Sebold
Tebal: 440 hal
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 13-978-979-22-3656-9
Reviewer: Amma O'Chem

1 comment:

  1. aq dulu liat filmnya, ngga tau kalau ada novelnya

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *