Wednesday 26 June 2013

Kiat untuk Melawan Writer's Block ala Member MFF

Punya kiat khusus untuk mengatasi Writer's Block, teman-teman? ^_^

Mari sharing!!! ^_^

-------------------------------------

Carolina Ratri 
Aku suka nulis pake font-font lucu di word. Kadang lumayan bikin semangat loh :))) mungkin bisa dicoba hehe..

Rinrin Indrianie 
Aku pasti susah nulis kalo lama ga baca mbakyu, jd kalo lagi nge-blank begitu ya aku baca aja banyak-banyak.

Carolina Ratri 
Coba itu "imaginary friend" nya diajak jalan-jalan dulu X))

Eda Akbar 
Member baru, ikut gabung yah...
Kalo writer block, biasanya mancingnya dipake nulis-nulisgak jelas gitu, sambil ngupi-ngupi.. mariii....

Rinrin Indrianie 
Baca tulisan-tulisan lama, atau draft cerita yang belum selesai, biasanya si imajinary friend dateng lagi tuh hihihihi...

Ayu Ningtias 
Ada beberapa hal yang aku lakukan kalo lagi mampet ide, di antaranya:
1. Blogwalking atau baca buku. Abis itu kadang nyantol dikit idenya.
2. Nonton drama korea. Cukup untuk mancing ide, tapi biasanya kebablasan nonton sampe kelar dulu.
3. Ngrumpi sama temen kantor. Iseng tanya cerita yang berkaitan dengan tema.

Sementara itu dulu, Mbak. Mau kabur ke ruang miting lagi

Mel Puspita 
Kalau aku sih seringnya diemin saja sampai kemampatannya hilang. Dipaksa menulis juga nggak bakal jadi tulisan bagus. Paling ngepuitwit atau nonton film.

Sulung Lahitani Mardinata 
Bener banget mbak Mel Puspita. Saya sering sih dipaksain aja, biar ga ketinggalan prompt, tapi malah jadi gaje tulisannya.

Sekarang ga mau maksain lagi, apalagi gara-gara sering keteteran soal logika bercerita. #nugmpetdiwc

Kalau saya biasanya jalan-jalan sendirian ga tentu arah di dalam kota (ga jauh-jauh), sambil mengamati kegiatan orang-orang. Terkadang sengaja datang ke kafe/warung yang sepi. beli minuman sambil melamun, eh mikirin ide buat tulisan. Terkadang diramu juga dengan blogwalking, membaca, atau nonton.

Mel Puspita 
Atau dicari penyebabnya, misal aku jenuh nulis di blog, ya tulis di fb atau manalah, atau aku terlalu sibuk nulis dengan tema, ya kulepas dulu masalah tema, atau aku jenuh dengan genre tulisan ya kuubah, atau aku terlalu sering nulis cerita ya beralih ke puisi.

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 
Saya butuh masukan nih... ide numpuk tapi males banget nulis semenjak ngurusin blog monetize yg butuh perhatian khusus.

Carolina Ratri 
Nah, itu kayak saya Mbak Rahmah.. ide membuncah, tapi ga mau dikeluarkan dari otak. Kalo ada yang tau obat pencahar ide, tolong info ya...

Rinrin Indrianie 
Errr....jualan pil pencahar ide laku keknya ya di sini *kabur sebelum diguyur kopi* qiqiqiqiq

Muna Sungkar 
Baca buku dan nonton Mbak.. Works all de time. AT least for me hehe... Aku walaupun ada smartphone ke mana-mana tetep bawa buku jadi pas tiba-tiba dapat ide/dilempari ide ma ilham langsung deh dicatat.. Nah pas lagi buntu buka deh tu catetan

Evi Sri Rezeki 
Kalau saya biasanya:
1. Baca buku yang genre atau temanya nyambung sama yang lagi ditulis
2. Nonton film yang genre atau temanya nyambung sama yang lagi ditulis (kadang cara ini bikin senewen sendiri, karena gemes pengin baca buku atau nonton film lain yang enggak ada hubungannya sama tulisan).
3. Jalan-jalan
4. Brainstorming, ini penting banget karena ada bantuan pengembangan ide atau ditunjukan kelemahan ide kita
5. Tidur hehehe

Ayu Ningtias 
Kalo untuk kasusnya mbak rahmah yang penuh dgn ide saran saya seperti ini:
1. masukkan ide tersebut di draft tulisan. Sekedar kata pengantar aja biar idenya gak ilang kalo kelamaan di otak. Saya sering tuh dapat ide tapi males nulis akhirnya lupa deh

2. berikan waktu khusus untuk menulis. Bisa jadi pas bangun tidur atau sebelum tidur. Jadi gak terganggu dan mengganggu dengan aktivitas lain.

itu mungkin ya saran saya.

Rinrin Indrianie
Barangkali ada yang belom tau, di fiksi lotus ada postingan proses kreatif Alice Munro dan Haruki Murakami, siapa tau bisa kita contek

Jiah Al Jafara 
Ada ide di kepala tapi gak bisa dituangkan? hem aku larinya ke baca apa aja sih. Kalau tak sempat nulis di komputer karena berbagai alasan, biasanya aku masukin ke diary ide-ide pokoknya, gitu aja sih.

Ajen Angelina 
Kalau saya sejak awal tahun 2013 selalu nulis jam 5 sampai jam 7 dan entah mengapa kalau jam segitu ide lancar datang.. Kaya prompt 17 udah ada ide lagi cari mood buat nulis soalnya saya punya proyek nulis juga... Kalau saya maksain diri pernah dalam tempo 3 hari bikin novelet kelar 30 halaman tapi habis itu dua minggu ga bisa nulis. Jadi saya sih nulis jam 5 sampai jam 7 habis lewat jam itu saya melakukan aktivitas lain.. Kalau writer block saya suka jalan-jalan atau baca novel Sidney Sheldon dan Putu Wijaya... Kedua orang itu sumber inspirasi.

Jjam 5 sampai 7 sore... oh iya kalau wrier block saya juga suka main game candy saga, pou, dan restaurant story hihi.. *tambahan..

Masya Ruhulessin 
aku kalo writer block biasanya jalan-jalan sendirian ke tempat baru. hehe

Rini Bee Adhiatiningrum 
Kalau saya, kiat mengatasi writer's block ya berusaha rutin untuk menulis. jadi kalau bisa tiap hari nulis, kalau nggak tiga hari sekali atau minimal seminggu sekali. itu mentok banget. karena saya suka nulis FF, meskipun nggak wajib saya usahakan menyelesaikan promptchallenge yang diberikan. pokoknya bikin saja dulu. keluarkan semua ide yang bisa didapat saat membaca/melihat tugas prompt. nanti baru dipilih 1 ide yang mau difokusin untuk dijadikan tulisan. ide dapatnya dari mana? nah kemarin udah pernah dibahas sama mba isti kan? yang pasti, berusaha rutin nulis FF dan menjadi challenger setiap prompt yang dilempar itu bukan semata buat gaya-gayaan. tapi salah satu cara saya untuk menghalau writer's' block..

Riefgreat Junior 
Dengerin musik, nonton film.

Carolina Ratri 
Aku hampir sama sama Mbak Rini Bee... pokoknya nulis aja, ga peduli hasilnya geje apa mawut. stuck di tengah juga biarin. Suatu kali nanti, kadang pas writer's block juga dibuka2 lagi tulisan yg dulu stuck, kadang malah lancar lagi :)))) jadi tulisan jelek itu juga tabungan ide loh.. jadi nulis aja terus. trus iya bener banget, bikin jadwal jam berapa harus nulis, sehalaman dua halaman ga masalah. aku sih tiap jam 10 malem, sebisa mungkin close semua sosmed, fokus di tulisan. Kalopun masih konek ke internet, cuma buka google buat riset

Makasih yaaa semua sharingnya semoga yang lagi kena virus "Writer's Block" segera sembuh :))) uhuk uhuk

-----------------------------------

Tuh kiat-kiat mengatasi Writer's Block ala temen-temen MFF. Kalau kamu, gimana? Sharing yuk!

3 comments:

  1. nulis nulis aja, sampe tissu aja jadi tempat buat nulis :D

    ReplyDelete
  2. hahahahaha alhamdulillaaah, langsung dapet 3 postingan setelah kena writers block selama 2 minggu. trimakasih manteman ^^

    ReplyDelete
  3. Intinya kalau kena writer's block menurutku sih, tulis, tulis, dan tulis :D

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *